16.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Jelang Musim ke-10 MotoGP, Marquez Miliki Statistik Mencengangkan

Spanyol, MISTAR.ID

Marc Marquez bakal menjalani musim ke-10 di ajang MotoGP.  Pembalap Spanyol ini memiliki statistik yang mencengangkan. Berdasarkan statistik yang dirilis oleh Repsol Honda, Marquez telah melakoni 142 balapan di MotoGP bersama tim tersebut. Dari jumlah itu, Marquez mampu memetik 59 kemenangan alias 41 persen dari total balapan yang ia lakukan.

Catatan Marquez makin terasa impresif bila berbicara soal finis tiga besar alias naik podium. Marquez mampu 99 kali naik podium dalam 142 balapan yang ia lakukan alias 70 persen.

Soal pole position, Marquez merebut 62 pole position alias punya persentase mencapai 44 persen.

Baca juga:Balapan Terakhir di MotoGP San Marino, Rossi Minta Maaf ke Fans

Persentase sukses Marquez sejatinya bisa terlihat jauh lebih impresif bila hanya menghitung tujuh musim perdana bersama Repsol Honda.

Pasalnya pada MotoGP 2020 Marquez mengalami cedera parah dan kemudian di MotoGP 2021 penampilan Marquez belum kembali seperti sedia kala. Alhasil, Marquez banyak mencatat finis di luar tiga besar.

Dari sembilan musim yang dijalani Marquez, pembalap berusia 29 tahun ini memenangkan enam gelar juara dunia MotoGP.

Bila dihitung masa kompetitif dengan mengesampingkan musim MotoGP 2020 dan 2021 saat Marquez mengalami cedera parah, Marquez hanya satu kali gagal merebut gelar juara dunia MotoGP yaitu pada MotoGP 2015.

MotoGP 2015 saat itu dimenangkan oleh Jorge Lorenzo yang sukses mengalahkan Valentino Rossi pada seri terakhir di Valencia.

Baca juga:Keren..! Dua Kapal Pesiar Disiapkan untuk MotoGP Mandalika Indonesia

Jelang MotoGP 2022, Marquez menegaskan dirinya sudah kembali sehat dan siap bertarung sejak seri pertama.

Seri pertama MotoGP 2022 bakal berlangsung di MotoGP Qatar, Minggu (6/3/22). Balapan MotoGP Qatar bisa disaksikan lewat siaran langsung. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles