23.5 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Eks Atlet Berprestasi, Alan Sastra Ginting Kembali Jabat Ketua NPCI Sumut

Medan, MISTAR.ID

Sosok Alan Sastra Ginting yang merupakan Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ternyata juga mantan atlet disabilitas Indonesia yang memiliki rekam jejak prestasi di kancah Internasional.

Diketahui Alan saat ini menjabat sebagai Ketua NPCI Sumut tahun 2022-2027. Alan juga diketahui saat ini telah menjabat untuk periode keduanya sebagai Ketua NPCI Sumut.

“Iya kalau saat ini saya diminta fokus saja memimpin NPCI Sumut ini. Walau kalau kata pelatih, secara fisik dan kemampuan saya masih bisa sebagai atlet,” ujarnya kepada mistar.id, Minggu (30/6/24).

Baca juga:Kecewa Tuan Rumah Peparnas Pindah Ke Solo, NPCI Sumut Lanjutkan Persiapan Atlet

Semasa dirinya menjadi atlet, Alan merupakan atlet para atletik di nomor spesialis lempar cakram. Pria asli Sumut tersebut juga memiliki catatan 7 emas untuk Indonesia di kejuaraan Asean Paragames.

“Saya sejak tahun 2005 sudah mengikuti Asean Paragames, mudah-mudahan masih mempertahankan emas untuk Indonesia,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, pada Asean Paragames 2022 di Solo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah mempersembahkan medali emas terakhirnya untuk Indonesia kala itu.

Baca juga:Indonesia Kirim 27 Atlet ke Olimpiade Paris 2024

“Iya terakhir di (Asean Paragames) Solo, tahun 2022 itu terakhir. Dan pada 2022 itu saya posisi juga telah menjabat sebagai ketua NPCI Sumut,” tutur pria kelahiran Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang pada 27 Desember 1980 tersebut.

Selain itu, Alan juga pernah mempersembahkan gelar untuk Indonesia di kejuaraan lempar cakram di Tiongkok pada 2018 silam.

“Iya itu Grandprix Tiongkok 2018, saat itu limit lemparan terbaik saya 41,95. Kalau itu medali perak saya dapatkan,” ujarnya.

Baca juga:Pelatih Barongsai Fokus Genjot Fisik Atlet Jelang PON 2024

Dirinya pun berharap, para atlet disabilitas di Indonesia saat ini bisa tetap semangat dalam mempersembahkan prestasi untuk Tanah Air.

“Tetap semangatlah, di tengah keterbatasan kita harus tetap punya kemauan yang gigih untuk berprestasi,” tutupnya. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles