33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Kecewa Tuan Rumah Peparnas Pindah Ke Solo, NPCI Sumut Lanjutkan Persiapan Atlet

Medan, MISTAR.ID

National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan kekecewaan terkait perpindahan tuan rumah Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) tahun 2024 dari yang semula akan digelar di Sumut menjadi ke Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Ketua NPCI Sumut, Alan Sastra Ginting mengatakan, momen tuan rumah belum tentu bisa didapatkan lagi dalam beberapa edisi Peparnas ke depan.

“Kalau kita terkait adanya perpindahan tuan rumah Peparnas, kekecewaan pasti. Karena kita sejak Peparnas Papua kemarin, inginnya tahun ini bisa digelar di Sumut. Sebab momen ini belum tentu bisa kita rasakan lagi. Jika kita tuan rumah mungkin keluarga-keluarga atlet disabilitas bisa nonton bersama di sini,” ujarnya kepada mistar.id saat ditemui, Senin (24/6/24).

Baca juga:NPC Sumut Targetkan Posisi 5 Besar di Peparnas 2024

Namun Alan tidak mau atlet binaannya larut dalam kesedihan. Dirinya ingin persiapan atlet terus berjalan untuk menatap ajang paralimpik terbesar nasional tersebut.

“NPCI Sumut tidak larut dalam kesedihan ini, dan kami tetap fokus dalam pembinaan atlet untuk dibawa ke Peparnas di Solo nanti. Pembinaan jalan terus, terprogram, kita evaluasi dan prestasi juga semakin baik,” ungkapnya.

Hanya mantan atlet nasional lempar cakram itu mengatakan, akan ada penurunan secara jumlah atlet yang bakal dikirim pada Peparnas bulan Oktober mendatang.

Baca juga:Berprestasi Internasional, Atlet Tenis Meja Disabilitas Sumut Tampil di Peparnas 2024

“Sebenarnya kalau kita tuan rumah kemarin ada 19 cabang olahraga (cabor) yang mau dimainkan. Namun karena perpindahan ini mungkin hanya 14 cabor yang kita bawa. Itu pun cabor-cabor prioritas saat ini seperti atletik, judo, catur, angkat berat dan lainnya,” tuturnya.

“Kalau target, jika kita tuan rumah kemarin ada 250-300 orang atlet yang mau diturunkan. Akan tetapi dengan sudah pindahnya tuan rumah, mungkin hanya bisa dibawa 150 atlet saja,” tambah Alan.

Selain jumlah atlet, Alan pun menuturkan, target pun mengalami penurunan secara realistis untuk Sumut di Peparnas Solo 2024 nantinya.

Baca juga:Tenis Meja Difabel Sumut Yakin Sabet Empat Medali Emas di Peparnas 2024

“Kemarin kita bisa targetkan posisi di 2 besar. Sekarang karena perpindahan ke Solo, kita targetkan seperti di Papua kemarin, yakni di posisi 5 besar, kalau bisa 4 besar, dengan catatan medalinya lebih banyak dari di Papua kemarin,” ujarnya.

“Kita ini di Sumut cukup dipertimbangkan kalau di luar Jawa. Kontribusi atlet-atlet kita di nasional maupun internasional cukup membanggakan,” pungkasnya. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles