15.7 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Dukung Destinasi Wisata Super Prioritas, TPL Support Kejurnas Danau Toba Rally 2023

Simalungun, MISTAR.ID

Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Danau Toba Rally pada 24 – 25 Juni 2023 mendatang. Ajang ini akan dilaksanakan di Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL)

Ajang Kejuaraan Nasional Reli putaran pertama bertajuk “KFC Danau Toba Rally 2023” ini akan diikuti puluhan peserta dari seluruh Indonesia.

Lintasan reli yang disediakan oleh TPL sangat menantang sekaligus bakal menyuguhkan tontonan yang menarik bagi pengunjung. HTI TPL Sektor Aek Nauli ini adalah lokasi yang sama saat World Rally Championship (WRC) pada tahun 1996 – 1997 silam.

Deputy Social Capital Head TPL, Linggom Dongoran menyambut baik dan mendukung penuh terlaksananya kejuaraan nasional Danau Toba Rally ini. HTI TPL Sektor Aek Nauli menjadi lintasan Danau Toba Rally dengan potensi rute yang baik dan merupakan kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia.

Baca juga:Konjen India di Medan Gelar Festival Film Gratis

Linggom menuturkan, TPL sangat mendukung event ini untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba. Selain itu, kejuaraan nasional Danau Toba Rally 2023  diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga nasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, serta alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan.

Sementara itu, ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pengprov Sumatera Utara dan juga wakil ketua DPRD Sumatera Utara, Harun Mustafa Nasution mengatakan bahwa ajang balap mobil di lintasan tanah kali ini merupakan rangkaian pertama dari 3 kejuaraan nasional dan internasional yang akan digelar di Sumut selama tahun 2023.

IMI Sumatera Utara yang didukung IMI Pusat kembali dipercaya Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) sebagai tuan rumah kejuaraan reli Asia Cup pada September 2023 dan Asia Pacific Rally Championship (APRC) di bulan November tahun 2023.

Harun mentakan IMI Sumatera Utara mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak, khususnya KFC dan TPL yang telah menjadi sponsor Danau Toba Rally kali ini.

“Kami berharap melalui rangkaian kejuaraan ini, WRC atau kejuaraan rally dunia dapat kembali digelar di Provinsi Sumatera Utara kedepannya,” ujar Harun.

Tujuan diadakannya Danau Toba Rally menurut Harun adalah sebagai bentuk promosi sport tourism super prioritas di kawasan Danau Toba.

Kegiatan ini selaras dengan usaha pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata dan UMKM di Danau Toba dan Kabupaten Simalungun. Terbukti, geliat dan perputaran ekonomi wilayah meningkat tinggi setiap acara sport tourism seperti ini digelar.

Selain itu, menurut Ketua Panitia KFC Danau Toba Rally 2023, Ahmad Syauki Anas, Kejurnas Reli kali ini akan menghadirkan banyak kendaraan istimewa berspesifikasi AP4 dan R5. Diantaranya adalah Citroen C3 R5 milik Ricardo Gelael dan Skoda Fabia R5 milik Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Baca juga:Revitalisasi Pariwisata KSPN Toba, Bercermin dari Wisata Danau-danau Eropa

Pengusaha sekaligus pereli senior, Ricardo Gelael mendukung penuh digelarnya balapan kali ini dengan menjadi sponsor utama. Ppara peserta akan memperebutkan poin sebelum berlanjut mengikuti reli nasional putaran 2 di Kalimantan Selatan.

KFC Danau Toba Rally 2023 dapat disaksikan langsung tanpa dipungut biaya di lokasi-lokasi yang telah ditempatkan  oleh panitia. Kegiatan Danau Toba Rally ini mendapat antusiasme masyarakat. Namun panitia mengingatkan, agar para penonton selalu mengutamakan keselamatan serta menaati peraturan yang diberlakukan agar acara berjalan lancar. (rel/hm06)

Related Articles

Latest Articles