15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Andalkan 14 Atlet, Muaythai Sumut Percaya Diri Raih 4 Medali Emas

Medan, MISTAR.ID

Pengurus Provinsi (Pengprov) Muaythai Indonesia (MI) Sumatera Utara optimis targetkan 4 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, dengan 14 orang atlet andalannya yang kini sudah menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda).

Sekretaris MI Sumut, Zulkifli Lubis mengatakan, akan ada 8 atlet lagi sesuai kuota yang seharusnya 22 atlet untuk mengikuti 22 nomor yang dipertandingkan pada PON Aceh-Sumut nantinya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah didapat tambahan atlet itu. Kami tidak muluk-muluk dengan target sebanyak 4 emas,” kata Zulkifli saat dikonfirmasi mistar.id, pada Jumat (28/7/23).

Baca juga: Belajar dari PON Papua, Kodrat Sumut Optimis Rebut Emas Sebanyaknya

Zulkifli mengatakan, patokan 4 emas itu berdasarkan evaluasi pengurus dan pelatih setelah melihat sepak terjang atlet di arena nasional.  Dimana Muaythai Sumut pada PON tahun 2016 Jawa Barat dengan kekuatan 3 atlet memperoleh 1 perak dan 2 perunggu

Tidak hanya itu, di PON 2021 Papua lalu 5 atlet diturunkan meraih 3 perunggu. Sementara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Banten baru-baru ini dengan menurunkan 8 atlet, berhasil meraih 2 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Zulkifli juga mengatakan, untuk tuan rumah cabang olahraga (cabor) muaythai PON saat ini masih di Aceh. Pihak MI Sumut terus melobi agar muaythai digelar di Sumut. Apalagi di Aceh belum ada venue nya.

Baca juga: Perbakin Sumut Berniat Ukir Sejarah, ‘Bidik’ Emas di PON 2024

“Untuk mematangkan persiapan atlet menuju PON, kami berencana akan melakukan tryout ke Thailand, itu pun kalau mendapat persetujuan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, untuk menambah jam terbang atlet yang juga berencana try in di Bali,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, saat ini para atlet latihan di lokasi bowling, meskipun masih dalam tahap perbaikan.

Untuk latihan fisik digelar di Universitas Negeri Medan (Unimed) sebanyak 10 sesi dalam sepekan, serta latihan beban di camp Jalan Cemara, Kota Medan. (andreas/hm16)

Related Articles

Latest Articles