13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Sesuai Syarat, Ini Nama Pemain Indonesia Bisa Tampil di Piala Asia U-23

Jakarta, MISTAR.ID

Berdasarkan persyaratan yang ada, sebanyak 15 pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Vietnam bisa bermain di Piala Asia U-23 2024.

Pelatih Shin Tae Yong memanggil total ada 31 pemain untuk melawan Vietnam. Awalnya cuma 28 pemain yang dipanggil, lalu bertambah 3 sebab ada pemain yang sakit demam.

Dari jumlah pemain itu, 15 di antaranya masih cukup umur untuk masuk skuad Garuda U-23 di Piala Asia U-23 2024. Sebab umur pemain-pemain itu belum genap 23 tahun.

Baca juga:Pelatih Filipina Percaya Diri Bisa Kalahkan Timnas Indonesia

Mereka adalah Ernando Ari, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan Nathan Tjoe-A-On, Lalu Witan Sulaeman, Muhammad Ferarri, Justin Hubner dan Arkhan Fikri. Lalu, Ramadhan Sananta, Pratama Arhan, Rafael Struick, Ivar Jenner Hokky Caraka, Adi Satryo dan Elkan Baggott, juga. Hanya mereka ini belum pasti main di Piala Asia U-23 2024.

Khususnya pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri, peluangnya kecil. Ini karena Piala Asia U-23 2024 berlangsung di luar kalender FIFA, sehingga klub tak harus melepasnya. Di Indonesia, sejumlah klub enggan melepas pemainnya ke Garuda Muda, akibat kompetisi memasuki fase krusial.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto menyatakan, sebanyak 27 pemain telah ditetapkan dipanggil ke pemusatan-pemusatan latihan. Tetapi ini bukan skuad final.

Baca juga:Shin Tae-yong Optimis Indonesia Menang Lawan Iran

Tim kepelatihan Indonesia U-23 berharap, ke-27 pemain begitu juga diaspora, dapat dilepas klub. Dalam hal ini diplomasi dan negosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) diharapkan bertuah.

Apabila ada pemain yang tidak dilepas klub, Shin telah menyiapkan pengganti. Diagendakan nama-nama pemain yang dipanggil akan dirilis, pada Sabtu (30/3/24) atau Minggu (31/3/23).

Tim Merah Putih U-23 diagendakan menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai 1 April mendatang. Para pemain bakal berkumpul, pada Minggu (31/3/24) dan berangkat Senin (1/4)/24.

Baca juga:Kalah Dua Kali, Ranking Malaysia di FIFA Disalip Timnas Indonesia

Turnamen sebagai sarana kualifikasi Olimpiade 2024 ini Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Target yang dipatok PSSI ke pelatih asal Korea Selatan adalah melaju ke babak delapan besar. Apabila memenuhi target ini, kontrak Shin kemungkinan besar akan diperpanjang.

Para pemain Timnas Indonesia senior yang dapat secara regulasi main di Piala Asia U-23 2024 adalah Ernando Ari, Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Witan Sulaeman, Arkhan Fikri, Ramadhan Sananta, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Hokky Caraka, Adi Satryo, Pratama Arhan, Ivar Jenner dan Elkan Baggott. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles