16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Waspada Hujan Lebat, Guntur dan Angin Kencang di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengimbau masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk tetap waspada terhadap potensi hujan sedang, lebat diiringi guntur dan angin kencang.

“Kondisi itu diperkirakan terjadi di wilayah lereng barat, pegunungan dan lereng timur Sumatera Utara pada siang hingga malam hari,” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan Christin A Matondang, Senin (3/4/23).

Christin mengatakan, siang dan sore hari, Sumut cenderung berawan. Namun berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah seperti Sidikalang, Pakpak Barat, Toba, Samosir, dan sekitarnya.

Baca Juga:BMKG: Sebagian Kota Besar Diprakirakan Hujan Ringan

“Malam hari hujan ringan hingga lebat berpeluang terjadi di Karo, Simalungun, Deli Serdang, Samosir, Humbahas, Pakpak Barat, Tapteng, Sibolga, Madina dan Kepulauan Nias,” ucapnya.

Sementara, untuk dini hari nanti hujan ringan juga berpeluang terjadi di Madina, Nias, Medan, Langkat, Sergai, Deli Serdang, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labura dan sekitarnya.

Christin mengatakan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 15.0 – 33.0⁰C. Kelembaban udara 65-98%. Sementara angin yang bertiup dari Barat Daya ke Timur Laut berkekuatan 10-30 km/jam.

“Ada dua titik panas (hotspot) di Sumut yang terdeteksi hari ini,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles