22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

UAS SMA/SMK Berakhir, Polres Toba Bubarkan Kerumunan Aksi Coret-coret

Toba, MISTAR.ID

Menghindari potensi tawuran dan penegakan prokes Covid-19 pasca berakhirnya ujian kelulusan bagi siswa SMA/SMK Kelas XII tahun 2022 hari ini di Kabupaten Toba, Polres Toba dan Satpol PP melaksanakan pengawasan intens di sejumlah titik keramaian, salah satunya di wilayah Soposurung Kecamatan Balige, Senin (25/4/22).

“Kita mendapat surat dari UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Cabang Balige kepada Polres Toba, yang diteruskan ke Polsek jajaran, terkait koordinasi pengawasan terhadap siswa SMA/SMK yang hari ini mengakhiri ujian kelulusan,” sebut Kapolsek Balige melalui Kanit Reskrim Ipda Jefriadi Silaban.

Dikatakannya, sejak pagi polisi langsung melakukan pengawasan di Soposurung sekitarnya untuk mengantisipasi potensi terjadinya tawuran dan kerumunan yang mengabaikan Prokes Covid-19. Selain di Soposurung, tim yang bersinergi dengan Satpol PP, menyisir Jalan Bay Pass Balige setelah mendapat laporan warga adanya kerumunan puluhan siswa sedang coret-coret baju, bahkan hendak konvoi berkendaraan bermotor.

Baca juga: SMAN 2 Siantar Gelar UAS Berbasis Android untuk Pertama Kalinya

“Selanjutnya anak-anak kita edukasi, arahkan dan imbau agar tidak melakukan euforia kelulusan ujian yang berlebihan, sebab berdampak kecelakaan bagi anak-anak. Mendengar arahan petugas, anak-anak segera membubarkan diri dan kondisi di lapangan berjalan aman dan kondusif,” tandas Ipda Jepriadi.

Senada, Kasatpol PP Toba Harianto Butarbutar berharap para siswa yang baru saja usai ujian kelulusan segera pulang seraya mengingatkan agar tetap mematuhi prokes, terutama untuk selalu memakai masker dan tidak berkerumun.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Cabang Balige, Alfred Silalahi telah menginstruksikan kepada setiap unit sekolah agar mengingatkan setiap siswa untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan euforia yang berlebihan pasca berakhirnya ujian kelulusan siswa Kelas XII SMA/SMK.

Selain itu, melalui surat resmi telah berkoordinasi kepada pihak Polres Toba dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anak. Alfred Silalahi juga berharap peran orangtua juga sangat diharapkan melakukan pengawasan intens bagi anak-anak terutama selama liburan Idul Fitri. (james/hm09)

Related Articles

Latest Articles