24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan dan Hutan, Kapolres Samosir: Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Samosir, MISTAR.ID

Kebakaran lahan dan hutan melanda Kabupaten Samosir sejak Minggu (14/7/24) yang terjadi di Perbukitan Dusun I Desa Aek Sipitu Dai Perbukitan Desa Boho Kecamatan Sianjur mula-mula dan Perbukitan Siarubung Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian Kabupaten Samosir.

Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman saat meninjau lokasi kebakaran, Selasa (16/7/24) memerintahkan Unit Tipidter Polres Samosir untuk melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

Ia juga meminta kepada seluruh stakeholder dan masyarakat untuk tetap menjaga lahan dan hutan dari kebakaran.

Baca juga : Api yang Membakar 100 Hektar Hutan Lindung di Samosir Sudah Berhasil Padam

“Hindari membakar sampah di lahan atau hutan, terutama saat angin kencang. Jangan membuang puntung rokok sembarangan di area lahan dan hutan. Pastikan api benar-benar padam sebelum meninggalkan tempat pembakaran. Kita harus saling menegur untuk tidak sembarangan membakar sampah atau rumput di sekitar hutan, terutama saat musim kemarau. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Diketahui, api berawal dari titik Perbukitan Dusun I Desa Aek Sipitu Dai Kecamatan Sianjur mula-mula, Minggu (14/7/24) sekitar pukul 20.00 Wib yang terus merembet ke Perbukitan Siarubung Desa Turpuk Limbong.

Lokasi kebakaran merupakan daerah terjal, ditumbuhi semak belukar dan cuaca angin kencang menyebabkan kobaran api cepat membesar.

Related Articles

Latest Articles