10.9 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Tarutung dan Takengon Diguncang Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan 2,5 Magnitudo

Medan, MISTAR.ID

Tarutung diguncang gempa bumi tektonik 2,5 Magnitudo, Jumat (21/10/22) sore jelang malam. Gempa yang terjadi pukul 18.54 WIB itu berada pada koordinat 2.06 LU dan 98.96 BT, berlokasi di darat pada jarak 5 km Barat Laut, Taput, pada kedalaman 2 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (22/10/22) pagi.

Hendro mengatakan, guncangan gempa dirasakan di Tarutung dengan skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hendro juga memastikan gempa kali ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara Magnitudo 5,8 pada 1 Oktober 2022 lalu.

Baca juga:PT STTC Bantu 2 Ton Beras untuk Korban Bencana Gempa Bumi di Taput

Di hari yang sama, Jumat (21/10/22) pukul 22.17 WIB, gempa bumi berkekuatan 2,5 Magnitudo juga terjadi di wilayah Takengon. Titik gempa berada pada koordinat 4,66 LU dan 96,80 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Baratlaut Takengon – Aceh pada kedalaman 5 km.

“Gempa yang terjadi di Takengon disebabkan oleh aktivitas sesar Peusangan yang berada didaerah tersebut,” jelas Hendro.

Gempa di Takengon juga dirasakan di Aceh Tengah dengan skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk lewat). Gempa juga dirasakan di Bener Meriah dengan skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga:Donasi Bencana Gempa Taput untuk Masa Transisi Masih Minim

Hendro memastikan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. “Hingga pukul 22.57 WIB, hasil monitoring yang kita lakukan tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock),” ucapnya.

BMKG wilayah I Medan mengimbau masyarakat yang ada di Tarutung dan Takengon untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles