23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tarutung dan Sipahutar Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 3,8 Magnitudo

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi tektonik 3,8 Magnitudo guncang wilayah Tarutung dan Sipahutar, Minggu (1/1/23) pukul 22.55 WIB. Gempa itu kemudian disusul gempa berkekuatan 2,2 Magnitudo satu jam kemudian.

Episenter terletak pada koordinat 2.07 LU dan 98.91 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 Km Barat Laut, Tapanuli Utara, Sumut, pada kedalaman 5 Km. “Gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho.

Baca Juga:Gempa Taput, Kapolda Sumut Minta Kepada Masyarakat Tidak Panik

Hendro mengatakan, dampak gempa bumi di Tarutung dan Sipahutar berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan berskala III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). “Gempa kecil susulan 2,2 magnitudo terjadi sekitar 23.05 WIB,” sebutnya.

Hendro meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ucap dia.(ial/hm15)

Related Articles

Latest Articles