20.3 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Upacara Kesadaran Berbangsa jadi Salah Satu Pembinaan Rutin di Rutan Tarutung

Taput, MISTAR.ID

Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Tarutung melaksanakan upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara sebagai salah satu bentuk pembinaan rutin terhadap para warga binaan pemasyarakatan (WBP), Senin (13/5/24).

“Upacara Berbangsa dan Bernegara guna menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, memperkuat persatuan dan kesatuan berbangsa, serta untuk membiasakan sikap tertib, disiplin dan tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus.

Ia juga mengatakan jika pihaknya akan terus melakukan sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk memperkuat koordinasi, serta berkolaborasi dalam hal upaya deteksi dini resiko gangguan keamanan dan ketertiban maupun pembinaan dan layanan tahanan.

“Kiranya melalui kegiatan Upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara ini, semakin menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air bagi kita terkhusus bagi warga binaan dan komunikasi, koordinasi, serta kolaborasi bisa terus dijalin. Khususnya mempererat hubungan dengan APH seperti saat ini,” ujar Ismet.

Baca juga: Rutan Kabanjahe Upacara HBP Ke-60, Begini Amanat Menkumham

Sementara itu, kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara, AKBP Ernis Sitinjak, selaku Pembina Upacara mengatakan dalam amanatnya bahwa Rutan Kelas IIB Tarutung merupakan tempat bagi Warga Binaan untuk dapat memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

“Semua orang harus bertanggung jawab dalam hal semangat kebangsaan dan cinta tanah air Negara Indonesia,” jelasnya.

Ernis Sitinjak juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan kamar hunian, menjaga keamanan dan ketertiban.

“Sebaiknya hindari hal-hal yang melanggar tata tertib di Rutan Tarutung dan selalu mengikuti seluruh kegiatan pembinaan yang ada,” tambahnya. (pembela/hm20)

Related Articles

Latest Articles