18.3 C
New York
Friday, June 28, 2024

Libur Sekolah, Kendaraan di Pelabuhan Ajibata Menuju Samosir Padat

Toba, MISTAR.ID

Seiring dengan hari libur sekolah, antrean kendaraan di Pelabuhan Ajibata untuk menyeberang ke Kabupaten Samosir padat, tampak sepanjang 500 meter, didominasi kendaraan pribadi, untuk membawa keluarga menikmati panorama salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, yaitu Danau Toba.

Pantauan Mistar.id, di lokasi pada Jumat, (28/6/24) sekira pukul 18.30 WIB, menunjukkan pemuda setempat sibuk mengarahkan mobil yang keluar dari pelabuhan, sementara yang lainnya mengatur parkir kendaraan yang ingin menyeberang ke Samosir. Aktivitas di pelabuhan ini berlangsung ramai sejak pagi hari.

Heri Gultom, seorang petugas, menyebutkan bahwa kendaraan mulai ramai sejak pagi. “Kalau malam libur, pelabuhan buka 24 jam. Sudah libur sekolah juga, makanya ramai mobil pribadi,” ujar pria berusia 26 tahun ini.

Sementara salah satu pengemudi, Ehsan (38) yang sedang mengantri untuk menyeberang bersama keluarganya, mengaku sudah berencana untuk menikmati masa libur sekolah.

Baca juga: Saat Libur Sekolah, Banyak Orang Tua Bawa Anak Berwisata dan Rekreasi

“Kami sudah merencanakan liburan ke Samosir sejak beberapa bulan lalu. Anak-anak sangat bersemangat ingin melihat keindahan Danau Toba. Meskipun antrean panjang, kami tetap semangat karena sudah tidak sabar menikmati liburan,” ujar ayah dua anak, warga Kota Pematangsiantar itu.

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung, diharapkan pariwisata di sekitar Danau Toba dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Meskipun antrian Ferry panjang, ia merasa puas dengan pelayanan petugas yang sigap dan ramah. “Petugas di sini sangat membantu, mereka mengarahkan dengan baik sehingga antrean tetap teratur. Semoga liburan kali ini menjadi kenangan yang indah bagi keluarga kami,” tambahnya.

Siti Nurhayati (29), warga Medan yang turut mengantre bersama suaminya, berharap pemerintah terus meningkatkan fasilitas agar wisatawan merasa semakin nyaman.

Baca juga: Libur Nataru, 4 Objek Wisata Danau Toba Ini Menarik Dikunjungi

“Kami memang sudah terbiasa dengan antrean saat libur sekolah, jadi sudah siap mental. Lagipula, semua terbayar dengan pemandangan indah Danau Toba yang selalu memukau,” ujar Siti.

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung, diharapkan pariwisata di sekitar Danau Toba dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Sebelumnya diberitakan, angin kencang disertai dengan gelombang tinggi yang melanda wilayah Danau Toba dalam beberapa hari terakhir ini membuat pelayaran kapal penyeberangan Ferry dan kapal kayu sempat terganggu. Namun, kini pengoprasian kapal pun sudah berjalan normal.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba Rijaya Simarmata, benarkan bahwa beberapa hari belakangan angin kencang melanda Danau Toba, namun saat ini pun situasi sudah normal.

“Kalau untuk saat ini sudah normal, kapal-kapal pun sudah beroperasi seperti biasa. Kita terus melakukan pemantauan untuk kondisi cuaca di Danau Toba,” ujar Rijaya Simarmata.(indra/hm17)

Related Articles

Latest Articles