20.8 C
New York
Tuesday, August 13, 2024

IAKN Tarutung Ganti Nama Jadi Universitas Kristen Negeri

Toba, MISTAR.ID

Pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) untuk memenuhi persyaratan perubahan bentuk Institusi Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Tarutung sesuai analisis kebutuhan masyarakat dan pembangunan nasional Selasa ( 13/08/2024) di Balige Beach Hotel, Balige, Kabupaten Toba.

Hal ini dilaksanakan bersama seluruh unsur stakeholder organisasi, masyarakat, tokoh agama dan instansi pemerintahan untuk memuluskan Transformasi IAKN Tarutung menjadi Universitas sejalan dengan higher education long strategy (health) 2005 – 2025 dan grand design pendidikan tinggi keagamaan kristen (ptkk) 2020-2024.

Transformasi ini bukan hanya perubahan status, juga sebagai langkah strategis dalam mengemban misi besar untuk melayani dan memberdayakan masyarakat di kawasan Tapanuli Raya dan sekitarnya.

Baca juga: Dua Dosen IAKN Tarutung Terima Satyalencana dari Presiden, Jauhi Hedonisme untuk Hindari Godaan Korupsi

Dimana langkah ini tidak hanya memperkuat pengembangan ilmu pengetahuan di kawasan Tapanuli Raya, tetapi juga mendukung mandat konstitusional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Maka IAKN Tarutung, kini berada di ambang perubahan besar menuju status baru sebagai UKN Tarutung, selanjutnya langkah transformasi ini berdasarkan pada jumlah regulasi penting, termasuk Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 19 tahun 2019 dan PMA nomor 81 tahun 2022, lalu diperbaharui dengan PMA nomor 13 tahun 2024.

Lantas landasan hukum ini selaras dengan rencana strategis Kementerian Agama Bidang Pendidikan 2020 – 2024 yang menargetkan pengembangan sumber daya manusia yang saleh, cerdas dan kompetitif sesuai dengan visi Indonesia maju yang berdaulat dan mandiri.

Baca juga:Gugus Tugas Surati Kampus, 17 Pegawai dan Dosen IAKN Tarutung Terpapar Covid-19

Hadirnya UKN Tarutung diharapkan dapat memberikan dampak signifikan untuk pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi daerah, juga selaras dengan mandat biblikal untuk menguasai ilmu pengetahuan dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Untuk diketahui dalam langkah transformasi, IAKN Tarutung telah membuka beberapa program studi baru di luar ilmu agama, seperti S1 Statistika dan S1 Teknologi Informasi. Selain kedua program studi tersebut, telah diberikan kepercayaan oleh Kemendikbudristek untuk menyelenggarakan dua program studi umum jika telah bertransformasi menjadi UKN yaitu, S1 Kewirausahaan dan S1 Bahasa dan Kebudayaan Inggris.

Selain empat program studi tersebut, UKN nantinya akan merancang program studi – program studi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan potensi lokal, terutama di bidang agroteknologi, peternakan, perikanan, pertambangan dan pariwisata. Mengingat daerah ini yang dikenal sebagai kawasan pertanian dan pariwisata unggulan dengan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles