31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Harlah Pancasila 2024 Menyongsong Indonesia Emas yang Maju

Toba, MISTAR.ID

Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia ‘Emas yang Maju, Mandiri dan Berdaulat’ menjadikan Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2024, Polres Toba melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, 1 Juni 2024 di lapangan Mako Polres setempat, pada Sabtu (1/6/24).

Peringatan Harlah Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2024 mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Pemimpin upacara, Wakapolres Toba, Kompol B Simarmata dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ‘pendiri bangsa’.

Baca juga:Menjadi Irup, Wali Kota Susanti Ajak Pedomani Nilai-Nilai Pancasila

Ini merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa (TYME) untuk Bangsa Indonesia, dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’, sehingga di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Juga menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing  jalan bagi masyarakat Indonesia.

Wakapolres mengatakan, pelaksanaan upacara setiap tahun digelar untuk memperingati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, sekaligus dasar negara yang diterangkan dalam pembukaan UUD 1945.

“Momen peringatan Harlah Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita,” ucapnya.

Baca juga:Bobby Nasution Harap Pancasila Bisa Jadi Filter Disorientasi di Masa Depan

Dia juga mengimbau, sebagai anggota Polri harus menghayati Pancasila, serta mendengungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Pancasila, dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani, serta mengayomi masyarakat.

Kapolres, AKBP Wahyu Indrajaya juga menyampaikan, dalam upacara ini adalah bentuk komitmen Polres Toba untuk selalu mendukung dan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Toba.

“Polres Toba selalu siap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dan pelayanan kepada masyarakat. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Kapolres. (nimrot/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles