9.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Lulusan SMKN 1 Barumun Diminta Memiliki Karakter yang Kuat

Palas, MISTAR. ID

SMK Negeri 1 Barumun, Kabupaten Padang Lawas melepas 458 orang siswa/siswi Angkatan ke-17 Tahun Pelajaran 2023-2024 dari delapan jurusan, Selasa (30/4/24).

Pelepasan para siswa digelar dengan acara Perpisahan dan Pengembalian Siswa & Siswi kelas XII Tahun ajaran 2023/2024 serta Pisah Sambut Guru-Guru di Lapangan SMKN 1 Barumun.

Kepala Sekolah Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti ST MSi dalam sambutannya meminta para lulusan SMKN 1 Barumun agar memiliki karakter yang kuat.

“Menjadi anak-anak SMK itu, seharusnya mempunyai karakter yang kuat, tidak gampang menyerah, menghadapi tantangan, tidak cepat putus asa,” kata Bidarlis didampingi Ketua Panitia Hendra Martua Muda Hasibuan ST.

Baca juga: DKPP Periksa Anggota KPU Kabupaten Padang Lawas Utara

Bidarlis mengungkapkan, dari seluruh siswa/siswi lulusan kelas XII tersebut, sebagian besar lebih memilih untuk memasuki dunia kerja dibanding melanjutkan pendidikan.

“Yang masuk ke SMK ini mayoritasnya memang selesai SMK langsung kerja. Jadi 50% dari orang itu mau langsung kerja, tapi sekitar 50% rencananya mau kuliah. dan tahun ini ada 48 orang siswa/i masuk Perguruan Tinggi Negeri,” ungkapnya.

Ia menambahkan, acara pelepasan tidak hanya menjadi momen perpisahan, tetapi juga awal dari babak baru dalam kehidupan para siswa/siswi yang sudah dibina selama 3 tahun ini.

“Apa yang dicita-citakan perlu dikejar dengan sekuat tenaga. Anak SMK tidak boleh menganggur, harus kerja. Kalau ada uang lanjutkan ke perguruan tinggi, lebih keren lagi bekerja sambil kuliah,” lanjut Bidarlis.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) wilayah Gunung tua Marwan Fauzi Batubara SSos mengimbau seluruh siswa/siswi SMKN 1 Barumun agar memanfaatkan ilmu yang telah didapat sebagai modal dalam menghadapi perkembangan zaman teknologi yang terus berkembang.

Baca juga: Festival Anak Sholeh Padang Lawas Ditutup Kakan Kemenag

“Salah satunya menjadi wirausaha muda dengan memanfaatkan media online yang ada. dunia usaha saat ini terutama usaha kreatif, banyak yang meraih kesuksesan dengan mengembangkan bisnisnya serta memasarkan produknya di media online,” tuturnya.

Ia juga berharap, para siswa tersebut bisa melihat peluang yang ada serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas diri, mensejahterakan keluarga serta membangun Kabupaten Padang Lawas.

“Karena generasi yang hebat adalah generasi yang jeli melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Saya yakin kalian akan membuktikan diri menjadi orang yang sukses di kemudian hari,” pungkasnya. (Iskandar/hm22)

Related Articles

Latest Articles