28.2 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Dua Proyek Irigasi Senilai 1,3 Miliar Dilaporkan ke Kejari Tapsel

Tapsel, MISTAR ID

Dua proyek rehabilitasi jaringan irigasi bernilai Rp1,3 miliar yang terletak di Kecamatan Sangkunur dan Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Tapanuli Selatan, oleh Lembaga Gerakan Anti Korupsi Indonesia(GAKI).

Dari keterangan yang dihimpun media, Proyek tersebut diduga dikelola oleh CV BKS pada tahun anggaran 2023 saat ini kondisinya sudah dalam keadaan rusak.

“Proyek lanjutan rehabilitasi jaringan irigasi Simataniari kecamatan Angkola Sangkunur senilai Rp591.700.000 diduga tidak memiliki galian fondasi. Material yang dipasang berukuran batu kali besar. Sedangkan pekerjaan lantai sudah dalam keadaan terkelupas,” ujar Elvan Efendi selaku Kordinator Lembaga GAKI, rabu (5/6/24).

Baca juga:Diduga Tak Serius Tangani Korupsi, Kejagung Diminta Periksa Kejari Simalungun

Menurut Elvan, pada saat pelaksanaan pembangunan proyek jaringan irigasi tersebut, sebenarnya sudah ada laporan dari masyarakat bahwa pelaksanaannya dilakukan asal-asalan ataupun tidak sesuai dengan spesifikasi teknis pelaksanaan. Menyikapi hal tersebut GAKI melaporkan masalah ini ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Tapsel, pada selasa (4/6/24) sore kemarin.

Sebelumnya warga juga pernah sempat protes atas pelaksanaan proyek irigasi tersebut, namun rekanan tidak menghiraukannnya. Berdasarkan fakta di lapangan ditemukan kejanggalan-kejanggalan, seperti galian fondasi, lantai parit telah rusak, pekerjaan dinding parit sudah retak-retak serta bagian bawah pasangan batu kali telah membentuk liang liang.

Baca juga:Dinas PUPR Sumut Segera Perbaiki Jalan Provinsi di Sumbul Dairi yang Terancam Putus

Selain proyek irigasi Simataniari, pihaknya juga melakukan investigasi pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi Batang Kumal kecamatan Angkola Timur. Proyek bernilai Rp793.800.000 juga hampir sama kualitas pekerjaannya dengan jaringan irigasi Simataniari.

Kedua proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Selatan tahun anggaran 2023 dimenangkan melalui proses tender, oleh pihak ketiga atau CV BKS(asrul/hm06).

Related Articles

Latest Articles