22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tahun 2021, Pemda Samosir Kerjakan 4 Program

Samosir, MISTAR.ID

Tahun Anggaran 2021 Pemda Samosir akan mengerjakan 4 program kerja dan 9 kegiatan dengan total pagu anggaran Rp6.435.104.663,-.

Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja Komisi III DPRD Samosir dengan Dinas Kominfo tentang program kerja tahun 2021 di ruang rapat Komisi III DPRD Samosir, Senin (25/1/21)

Baca juga: Bupati Samosir Sambut Kapolres Baru AKBP Josua Tampubolon

Kepala Dinas Kominfo Samosir Rohani Bakkara mengatakan beberapa program tersebut adalah untuk pemasangan jaringan fiber optik di sekitar Kecamatan Pangururan yang dilaksaksanakan oleh Pihak swasta.

“Sedangkan untuk wilayah/kawasan perkantoran, belum masuk. Dan untuk tahun 2021 sudah ada perencanaan fiber optik dan akan dilakukan survey lapangan”. kata Kadis Kominfo.

Ditambahkannya, untuk pengembangan Smart City, pihak Kominfo Kabupaten Samosir sudah menyusun MOU dengan Kementerian dan tahun ini akan ditandatangani.

Baca juga: Jumlah Positif Covid-19 di Kabupaten Samosir Meningkat Drastis

“Konsep Smartcity ini diharapkan akan menjadi upaya dalam memberikan pelayanan yang lebih baik ke publik”. Sebut Rohani.

Untuk update informasi di website/portal Pemerintah Kabupaten Samosir secara tampilan memang tidak diperbaharui akibat keterbatasan anggaran namun untuk update berita kegiatan-kegiatan pemerintah selalu di sampaikan di website Kominfo.

Sekaitan dengan hal diatas Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Samosir menyampaikan beberapa masukan diantaranya, agar pemasangan jaringan fiber optik dengan sistem di bawah tanah.

Diharapkan perencanaan fiber optik segera dilaksanakan, supaya Pengumuman atau penyampaian informasi tentang pembangunan Samosir dapat dipublis secara cepat dan bertanggungjawab.

Sementara itu MOU masterplan tentang Smartcity akan segera ditandatangani atau ditindak lanjuti, agar Koordinasi dengan SKPD dapat bersinergi dengan baik dalam penyajian data atau informasi Pembangunan.

Sedangkan untuk 24 desa yang masih blank spot atau kekosongan signal, supaya didata secara detail serta dapat disampaikan ke DPRD Samosir, sebagai bahan untuk tindaklanjuti ke Pemerintah Atasan.

Rohani Bakkara juga menjelaskan bahwa tahun anggaran 2020 Dinas Kominfo menjelaskan ada 4 program dan 15 kegiatan dengan pagu dana sebesar Rp3.711.401.533. Dengan realisasi Rp3.615.578.920 , dengan persentasi sebesar 97,42 %. Rohani mengatakan bahwa secara umum pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik.

“Kedepan harapan kita pelaksanaan kegiatan sudah dapat direncanakan atau dilaksanakan mulai bulan Februari ini”. Ujar Jonner Simbolon.(sinurat/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles