15 C
New York
Sunday, May 12, 2024

RSUD Amri Tambunan Jadi Rumah Sakit Regional Sumut

Deli Serdang, MISTAR.ID

RSUD Drs.H.Amri Tambunan ditunjuk Kementerian Kesehatan menjadi rumah sakit regional layanan khusus. Penunjukana RSUD Amri Tambunan milik Pemkab Deli Serdang menjadi Rumah Sakit Regional Sumatera Utara tersebut sudah melalui berbagai tahapan, termasuk fasilitas pelayanan.

“Rumah sakit kita kini sudah memiliki kolam renang untuk perawatan phishiotrapy dan perlengkapan lainnya. Kita juga ada ruang phisiotrapy anak dengan pelayanan dan fasilitas yang cukup baik. Bahkan rumah sakit kita satu-satunya rumah sakit daerah di Sumatera Utara yang menangani anak berkebutuhan khusus,” kata Direktur RSUD Amri Tambunan,dr Hanip Fahri ketika membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Standar 2023 di Aula Ibnu Sinar RSUD setempat, Kamis (30/4/23) sore.

Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 17.30 WIB tersebut juga dilakukan tanya jawab antara warga dan pihak rumah sakit. Pada forum itu, warga meminta agar kelurga pasien dapat membesuk. Sebab,sejak pandemi Covid-19,pihak RSUD Amri Tambunan tak lagi mengizinkan pasien dibesuk.

Baca Juga:Jauh-jauh Berobat ke Malaysia, Ternyata Bisa Sembuh di RSUD Amri Tambunan

“Kan pandemi Covid-19 sudah berakhir,tapi kenapa pasien tak boleh dibesuk.Sedih juga ada keluarga yang sakit,tapi tak boleh dibesuk dan menjaga pasien hanya satu orang,” kata salah seorang warga.

Menanggapi hal itu,Direktur RSUD Amri Tambunan,dr Hanip Fahri menjelaskan, pihaknya melakukan itu guna menciptakan kenyamanan pasien. Namun usulan warga akan menjadi pertimbangan pihaknya.

“Memang kita hanya memperbolehkan satu orang penjaga pesian,tapi usulan agar keluarga bisa membesuk nanti akan kita pertimbangkan,” papar Hanip.

Baca Juga:Bupati Deli Serdang Resmikan RSUD Amri Tambunan

Terkait 7 pelayanan prioritas Kemenkes,tambah Hanip,rumah sakit yang dipimpinnya sudah memiliki pelayanan kanker,jantung,stroke,unronefrologi,kesehatan ibu dan anak,tuberculosis dan diabetes melitus.

“Rumah sakit berstandaritasi yang baik, forum seperti ini harus dilakukan.Sehingga jadi bahan evaluasi, baik hubungan kepada masyarakat sekitar rumah sakit maupun stakeholder. Kemudian di internal kita menyangkut evaluasi,penjamin kualitas mutu.Ini tugas pengawas interen,” ungkapnya yang saat itu didampingi Ketua Dewan Pengawas PPK BLUD RSUD Amri Tambunan dr.Ali Syahbana dan para Wakil Direktur.

Forum tersebut dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah,tokoh agama,Ketua PWI Deli Serdang Lisbon Situmorang,sejumlah wartawan,tokoh masyarakat dan ormas kepemudaan serta warga sekitar.(rinaldi/hm01)

Related Articles

Latest Articles