11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Rambu Jalan Dipasang di Jalan Balige By Pass

Toba, MISTAR.ID

Sekaitan progres pekerjaan Jalan Balige By Pass akan segera rampung, tanda peringatan kehati-hatian bagi pengguna jalan berupa rambu lalu lintas sudah dipasang di bahu jalan di sejumlah lokasi, di antaranya persimpangan maupun lokasi yang dianggap rawan akibat tikungan, jalan terjal maupun tanjakan.

Walaupun proyek itu saat ini masih menyisakan pekerjaan sekira seratusan meter lagi yang belum rampung, namun rambu jalan juga sudah mulai dipasang dengan tujuan agar setiap pengguna kiranya berhati-hari saat melintasinya, dimana saat ini sebagian warga sudah memanfaatkan keberadaan jalan itu.

Informasi yang dihimpun, pembangunan Jalan Balige By Pass menyerap anggaran APBN murni Kementerian PUPR tahun 2020 sebesar Rp36 miliar lebih untuk pembangunan jalan sepanjang 9,8 Km, dan pengerjaan pembangunan jembatan sebesar Rp32 miliar lebih.

Baca Juga:Belum Rampung, Jalan Balige By Pass Sudah Dimanfaatkan Warga

Hal itu disampaikan Armanton Marajon Simanjuntak selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek itu kepada Mistar saat dikonfirmasi, Senin (19/4/21). Armanton mengakui bahwa sekitar 100 meter lebih progres pengerjaan jalan masih berlangsung, diharapkan seluruhnya akan rampung tahun ini, termasuk pemasangan rambu jalan.

Hasil penelusuran Mistar, Jalan Balige By Pass yang melintang dari Desa Lumban Gaol hingga Desa Longat Kecamatan Balige Kabupaten Toba, di design menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan di pusat kota Balige sebagai ibukota Kabupaten Toba, sekaligus akan mendukung kawasan Danau Toba setelah ditetapkan Pemerintah RI menjadi salah satu dari 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia.

Baca Juga:Raja Marsingati Diusulkan Jadi Nama Jalan By Pass Balige

Proyek Jalan Balige By Pass diyakini sejumlah pihak akan membawa dampak untuk mendongkrak perekonomian dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu cukup beralasan, selain ditetapkan menjadi destinasi wisata super prioritas, lembaga dunia Unesco pun sudah mendaulat Danau Toba menjadi Toba Caldera Unesco Global Geopark.

Jadi, kehadiran Jalan Balige By Pass sangat berandil besar untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di kawasan Danau Toba.(james/hm10)

Related Articles

Latest Articles