16 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Polres Samosir Gelar Apel Persiapan Pengamanan Pilkada

Samosir, MISTAR.ID

Menjelang Pilkada Samosir 9 Desember 2020, Polres Samosir menggelar Apel persiapan pengamanan dan pergeseran personil ke TPS, dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020, yang dilaksanakan di lapangan Mapolres Samosir, Jalan Danau Toba, Kecamatan Pangururan, Senin (7/12/20).

Apel pengamanan Pilkada ini merupakan apel gabungan TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh.

Dalam arahannya, Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh mengucapkan terimakasih kepada TNI, Brimob dan polres-Polres yang akan membantu beban kerja Polres Samosir dalam pelaksanaan Pilkada Samosir Tahun 2020.

“Terimakasih kepada TNI, Brimob dan polres-Polres yang akan membantu beban kami pada pencoblosan pada hari Rabu nanti tanggal 9 Desember 2020,” ucapnya.

Baca juga: Jelang Pilkada, Polres Samosir Patroli Skala Besar

AKBP Muhammad Saleh menghimbau kepada seluruh personil TNI-Polri untuk menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan, menjaga netralitas, menjaga kekompakan dan menghindari perbuatan yang menurunkan citra TNI-Polri di masyarakat.

“Masyarakat bertumpu kepada kita, masyarakat ingin dedikasi kita, oleh sebab itu kita harus menjadi teladan, hindari perbuatan tercela yang menyakitkan hati masyarakat agar masyarakat merasa nyaman menghadapi Pilkada,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kepada personil BKO, Ia menekankan supaya meningkatkan kewaspadaan dan juga kesehatan di masa pandemik Covid-19 dimana setiap anggota wajib meningkatkan 3M. “Pengamanan selalu safety dan keselamatan anggota jadi prioritas,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh personil agar secara bersama-sama dapat bekerja keras, cerdas dan tuntas dapat melakukan pengamanan di Kabupaten Samosir agar pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara dapat berjalan semestinya.

Baca juga: DPC PKN Samosir Bantu Anak Korban Pembunuhan Rianto Simbolon Rp10 juta

Ditambahkannya, dalam hal yang berkaitan dengan pelanggaran Pilkada sepenuhnya merupakan kewenangan Panwaslu kecamatan dan Bawaslu Samosir. “TNI-Polri hanya mengamankan tidak berhak melakukan apapun dan kalau ada pelanggaran itu kewenangan Panwas,” tegasnya.

Dalam mengamankan Pilkada Samosir Tahun 2020 ini, Polres Samosir dibantu oleh BKO Polres Langkat sebanyak 135 orang, BKO Polres Dairi sebanyak 65 orang dan BKO personil Brimob sebanyak 60 orang. (Josner/hm07)

Related Articles

Latest Articles