21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Polres Samosir bersama Koramil 03 Pangururan, Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tempat Vital

Samosir, MISTAR.ID

Pasca Ledakan Bom bunuh diri yang terjadi didepan Gereja Khatolik Katedral Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/21)  lalu,  Polres Samosir bersama Koramil 03 Pangururan, melakukan Apel Gabungan Kesiapsiagaan terhadap tempat-tempat Vital di Kabupaten Samosir, Senin (29/3/21).

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH.MH selaku pembina Apel, dalam arahannya menyampaikan 9 pokok penting yang harus di laksanakan terkait pasca Ledakan Bom di Makassar yang di intruksikan pimpinan TNI-POLRI:

  1. Agar seluruh jajaran meningkatkan pengamanan Asrama pos, maupun pengamanan kegiatan patroli dengan menggunakan body sistem dan menghindari aksi teror di wilayah Samosir.

Terkait point 1, AKBP Josua Tampubolon menerangkan sistem pengamanan Mako, terhadap tamu, kendaraan roda dua dan roda empat akan dilakukan pemeriksaan yang ketat dan masuk melalui satu pintu.

Baca Juga: Polres Samosir Gelar Beberapa Kasus yang Belum Tuntas 2020

  1. Membangun komunikasi dengan dengan seluruh tokoh agama, Tokoh masyarakat diwilayah masing-masing, untuk mencegah munculnya persepsi negatif dilingkungan masyarakat.

” Akan mengunjungi rumah ibadah, masjid atau kantor pemuka agama. Akan menjalin komunikasi sinergitas dan sama-sama memonitor terkait teror bom bunuh diri yang barusan terjadi”. Ujarnya.

  1. Seluruh jajaran Intel agar melaksanakan mendeteksi dini, guna memonitoring dan mendeteksi setiap permasalahan yang terjadi sebagai bentuk Periad Presisi.
  2. Perintahkan Babikanthibmas untuk turun kelapangan guna membangun komunikasi serta mendorong kesadaran masyarakat agar mau berperan aktif menjaga lingkungannya masing-masing, melalui gate siskamling.
  3. Beberapa wilayah jajaran Polda Sumut bersama Densus 88, beberapa hari ini melakukan penindakan dan diketahui bahwa dukungan anggaran terorisme diperoleh dari kotak amal yang ditempatkan di toko-toko, supermarket.B

Baca Juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar, GMNI Siantar Kutuk Keras Tindakan Terorisme

Untuk itu kata Josua Tampubolon, agar antisipasi dan deteksi dini terhadap kemungkinan atau akses yang timbul balas dendam. Supaya setiap anggota yang berjaga malam agar jangan tidur atau meninggalkan rekan yang sedang berjaga.

  1. Aktifkan Giat patroli khususnya malam hari dengan menghidupkan Lampu Rotator Blue Lihgt, dan ainggahi tempat-tempat Vital didaerah masing-masing.
  2. Lakukan pengamanan ditempat-tempat Ibadah yang ada diwilayah masing-masing.

Dimana dalam waktu dekat agama Kristiani akan melakukan Jumat Agung dan Paskah. Serta umat Muslim juga akan mempersiapkan diri memasuki masa menjelang Puasa. ” Untuk itu, dorong kesadaran masyarakat agar saling menjaga dan menghormati satu sama lainnya”. Pungkasnya.

  1. Jajaran Intel dan Reskrim agar dapat komunikasi dengan saudara-saudara yang sudah ikut Deradikalisasi, dan membantu apa yang menjadi kesulitan mereka. agar mengecek adakah kelompok-kelompok atau simpatisan, agar berkoordinasi dengan tokoh agama.
  2. Diharapkan semua kegiatan bisa dilaksanakan dengan serius dan bertanggung jawab.

Setelah usai menggelar Apel Gabungan yang dilaksanakan di Muka Mako Polres Samosir, Personil TNI-POLRI dalam hal ini Polres Samosir dan Koramil 03 Pangururan, melaksanakan Patroli dalam rangka Cipta Kondisi Pasca terjadinya Ledakan Bom di Makassar.

Baca Juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Makassar, Kapolres Siantar: Laporkan Hal yang Mencurigakan kepada TNI/Polri

Adapun tempat yang jadi tujuan Patroli yaitu Masjid Al – Hasanah Pangururan, Gereja HKBP Resort Pangururan Kota, Alfamidi Jl. FL. Tobing Onan Baru Pangururan, dan pelabuhan penyebrangan yang ada di Samosir. Memastikan dan memberikan rasa aman kepada Pengunjung dan warga Samosir.

AKBP Josua Tampubolon SH.MH saat dikonfirmasi terkait Patroli tersebut menjelaskan, bahwa selain mengunjungi tempat-tempat ibadah, nantinya disetiap Pelabuhan penyeberangan Pihak TNI-Polri akan berkoordinasi dengan Pihak Dermaga dengan melibatkan Tokoh Pemuda, tokoh Masyarakat, tokoh Agama, TNI-Polri, untuk mengantisipasi terhadap sasaran orang ataupun barang lebih diperketat lagi.

Baca Juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Makassar, Kapolda Sumut Perintahkan Seluruh Kapolres Perketat Pengamanan

Josua Tampubolon berpesan terhadap masyarakat Samosir, untuk tetap beraktifitas seperti biasa dan jangan takut. ” Karena salah satu tujuan terorisme itu adalah membuat rasa takut. Jadi kami TNI-Polri dalam hal ini Polres Samosir – Koramil 03 Pangururan, siap menjaga keamanan, ketertiban Masyarakat Kabupaten Samosir”. Tegasnya.

Kegiatan Patroli ini turut hadir Danramil. Kptn. Inf Donal Panjaitan, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH.MH, Wakapolres Kompol Rachmad Affandi, Kasat Lantas AKP Syamsul Batubara, Polsek Pangururan AKP Banuara Manurung, dan Personil Polres dan Koramil 03 Pangururan Samosir. ( Sawangin/hm13).

 

Related Articles

Latest Articles