11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Polres Batu Bara, Rutin Patroli Aktivitas Asmara Subuh Terhenti

Batu Bara, MISTAR.ID

Asmara subuh yang dilakukan warga Kabupaten Batu Bara khususnya di wilayah pesisir yang selama bulan Ramadhan, sudah terhenti.

Selama ini sudah semacam tradisi di wilayah pesisir Kabupaten Batu Bara, selama bulan Ramadhan dan setiap menjelang subuh, warga tetap melakukan akvifitas asmara subuh.

Sudah dianggap tradisi bagi warga, terlebih remaja yang merasa tidak afdol bila tidak mengikuti asmara subuh. Sayangnya saat menjalani aktifitas asmara subuh, warga mengisinya dengan konvoi, balap liar bahkan tawuran antar kampung.

Baca Juga: Kasat Reskrim Polres Batu Bara, Serahkan Bansos Kapolres Kepada Warga Kurang Mampu

Kondisi ini otomatis mengganggu warga yang sedang sahur dan sholat subuh. Bukan hanya itu, aktivitas asmara subuh yang kerap dibarengi tawuran bahkan merusak bangunan milik warga maupun milik pemerintah.

Menyikapi aktifitas asmara subuh yang merugikan, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis  memutuskan, menggelar patroli asmara subuh dengan berjalan kaki bersama unsur pemerintah dan tokoh masyarakat.

Sepanjang perjalanan Patroli  blusukan dari lorong ke lorong yang dipimpin langsung Kapolres Batu Bara,  bersama PJU, Kapolsek dan personil Polres dan Polsek tidak tampak lagi masyarakat melakukan aktifitasnya seperti  main game  bareng, bergitar dan berkumpul kumpul di depan rumah ataupun di depan gang serta aksi tawuran.

Baca Juga: Personil Polres Batu Bara Bubarkan Aksi Asmara Subuh

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis menjelaskan, patroli asmara subuh yang berhasil menekan kenakalan remaja seperti balap liar dan tawuran akan terus digelar sepanjang bulan Ramadhan 1442 H/ 2021, Minggu (18/4/21).

“Sampai kita lihat benar benar sudah steril  dan kondusif,  baru kita akan hentikan operasi ini.  Kemungkinan  akan kita lakukan sampai nanti pada saat Idul Fitri. Saya akan membuang tradisi  tawuran di Kota Tanjung Tiram ini. Saya akan lakukan terus sampai daerah ini menghilangkan tradisi tidak baik ini”, tegas Kapolres.

Dikatakan Kapolres, upaya yang sedang dilaksanakan Polres Batu Bara dan jajaran merupakan perbuatan amal dan ibadah untuk menjadikan warga lebih baik dan merubah cara hidup menjadi lebih baik.

Semenjak digelar operasi/patroli asmara subuh, terlihat jalanan sepi dari warga yang berkumpul kumpul. Yang terlihat hanya warga yang hendak menjalankan aktivitas berdagang dan melaut.

Baca Juga: Safari Ramadhan Kapolres Batu Bara Kunjungi 3 Masjid

Ros (45) salah seorang warga Kelurahan Tanjung Tiram mengaku baru pada Ramadhan kali ini Kota Tanjung Tiram sepi.

“Baru kali ini masyarakat di Kota Tanjung Tiram ini sepi. Biasanya  jangankan awak mau ke Mesjid, ondak keluar rumah ajo kami susah  karena terlalu banyak anak anak bermain mercon maupun  lempar-emparan disini. Silap silap awak yang kena”, ungkap Ros yang hendak ke Mesjid.

Diakuinya memang luar biasa Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan.  Kapolres disebutnya sudah menyulap masyarakat disini  jadi  seperti ini. Tidak ada lagi yang lempar-lemparan, tidak ada lagi yang main mercon. Bahkan tak ada yang ramai ramai lagi di jalan. (ebson/hm13)

 

 

Related Articles

Latest Articles