16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Perubahan Cuaca Siginifikan Masih Berpotensi Terjadi di Sumut Beberapa Hari ke Depan

Medan, MISTAR.ID

Perubahan cuaca signifikan seperti hujan lebat dan angin kencang yang bersifat lokal dan dalam waktu yang singkat pada siang dan sore hari masih berpotensi di sejumlah wilayah yang ada di Sumatera Utara (Sumut). “Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kondisi ini,” ujar Prakirawaan BMKG wilayah I Medan Martha Manurung, Kamis (30/3/23).

Martha mengatakan, kondisi ini masih berpotensi terjadi beberapa hari ke depan. Hal itu ditandai dengan tingginya peluang hujan yang turun di beberapa wilayah di Sumut. “Siang hingga sore hari hujan berpotensi terjadi di Simalungun, Dairi, Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapteng, Sibolga, dan Tapsel,” sebutnya.

Baca Juga:BMKG: Sebagian Kota Besar Diprakirakan Hujan Ringan

Dikatakan Martha, malam hari hujan ringan juga berpeluang terjadi di Madina, Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapteng, Sibolga, Tapsel dan Padang Lawas. “Malam hari Sumut akan kembali cerah, tapi ada beberapa daerah berpeluang hujan ringan,” katanya.

Martha menyebutkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 33.0⁰C. Kelembaban udara 65 – 98%, angin yang bertiup dari Timur Laut ke Tenggara berkekuatan 10 – 30 Km/Jam. “Ada dua titik panas (hotspot) masing-masing di Batu Bara dah Labuhanbatu yang terdeteksi hari ini,” pungkasnya.(ial/hm15)

Related Articles

Latest Articles