9.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Percepatan Pembangunan, Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang Jalin Kerja Sama

Deli Serdang, MISTAR.ID

Mempercepat pembangunan, Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang melakukan kerja sama. Penguatan hubungan kerja sama itu dilakukan di Gedung Pertemuan Pemkab Deli Serdang, Jalan Medan-Lubuk Pakam, Rabu (28/12/22).

Penandatanganan kerja sama dilakukan langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan.

Kerja sama yang dilakukan yakni kerja sama penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di wilayah perbatasan Medan dan Deli Serdang, penanganan permasalahan infrastruktur dan utilitas wilayah Medan dan Deli Serdang.

Baca Juga:Pemkab Deli Serdang Tanda Tangan Kerjasama Bidang Pemadam Kebakaran dengan Pemko Medan

Lalu, kerja sama pelaksanaan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah perbatasan antara Kota Medan dengan Deli Serdang.

Sebelum Wali Kota Medan dan Bupati Deli Serdang melakukan penandatanganan kerja sama, masing-masing pimpinan OPD terkait terlebih dahulu melakukan penandatanganan MoU.

Wali Kota Bobby Nasution mengungkapkan, penguatan kerja sama ini dilakukan karena pembangunan yang dilakukan di Medan tidak terlepas dengan Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga:Pemprovsu, Pemko Medan Dan Pemkab Deli Serdang Gelar Razia Masker Gabungan

Seperti banjir, kata Bobby, sebesar apa pun upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam mengatasinya tidak akan berhasil karena solusi sebenarnya ada di Deli Serdang. Sebab, hulu dan hilir sungai ada di Deli Serdang. Oleh karenanya penanganan banjir yang dilakukan harus melibatkan Deli Serdang.

“Jika normalisasi Sungai Bedera selesai, maka dapat mengurangi banjir yang terjadi di Medan sekitar 20 persen. Begitu juga dengan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Deli Serdang, jika selesai dapat mengatasi 40 persen banjir di Medan. Oleh karenanya perlu dilakukan penguatan kerja sama ini agar pembangunan yang dilakukan dapat berkesinambungan,” kata Bobby.

Selain itu, terkait adanya kesulitan masyarakat dalam melakukan pengurusan perbatasan yang ada antara Kota Medan dengan Deli Serdang juga harus disikapi.

Baca Juga:Gubsu Puji Kebesaran Hati dan Antusias Umat Bertemu Ulama di Deli Serdang

“Tujuannya untuk percepatan pembangunan yang dilakukan. Adanya kesepakatan dan kerja sama ini tentunya dapat menjadi bukti hukum. Tahun 2023, Pemko Medan siap bekerja sama memperbaiki 5 titik jalan di wilayah Deli Serdang,” sebutnya.

Dalam pertemuan itu, Bobby juga menyampaikan pembangunan Kota Medan yang dapat menyejahterakan masyarakat dengan berlandaskan budaya yang ada. Oleh karenanya, Pemko tidak akan pernah meninggalkan budaya yang ada di Medan dalam melakukan pembangunan.

Sebelumnya, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengucapkan terima kasih karena Bobby Nasution masih meluangkan waktu hadir untuk bertemu dengan tokoh dan masyarakat Deli Serdang.

Baca Juga:Jalan di Gang Pakpak Rusak dan Nyaris Amblas, DPRD Medan Minta Pemko Medan Segera Perbaiki 

Dikatakannya, penguatan kerja sama yang dilakukan ini tidak semata hanya untuk kepentingan Kota Medan dan Deli Serdang, tetapi juga demi kemajuan Sumatera Utara.

Selain itu, lanjut Ashari, selama ini upaya pembangunan yang dilakukan di Medan selalu mengkaji dan mengevaluasi sejauh mana memberikan manfaat bagi Deli Serdang. (rahmad/hm14)

Related Articles

Latest Articles