24.4 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Pembangunan Docking Kapal di Samosir Gagal karena Lahan Tak Jelas

Baca Juga : Pemkab Samosir Terima Bantuan Bibit Tanaman Pemprov Sumut

Joni kemudian merinci penyerahan dokumen dari Dinas Perindag serahkan dokumen ke Pokja untuk tender awal bulan Juni 2023. “Pokja serahkan dokumen ke dinas Perindag awal Juli 2023,” ungkapnya.

Joni mengatakan, pemenang tender proyek docking kapal adalah PT Lumba Lumba Bintang Sempurna, yang belakangan merasa kecewa setelah gagalnya pembangunan karena tidak jelasnya lokasi lahan.

Ketua DPC LSM Pakar Kabupaten Samosir, Marada Sihombing menilai Pemkab Samosir dalam hal tersebut masih menggunakan pola lama dan melanggar prinsip penganggaran.

“Harusnya dinas terkait harus memerhatikan tiga prinsip penganggaran yaitu, tahun anggaran jelas, sumber dana jelas, dan lokasi proyek harus jelas. Karena Pemkab Samosir mengabaikan prinsip penganggaran maka gagal lah proyek docking tersebut, akibatnya anggaran tidak terserap, yang rugi adalah masyarakat Kabupaten Samosir,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, dengan gagalnya pembangunan docking kapal itu, maka secara otomatis Pemkab Samosir secara jelas dan nyata gagal meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. “Pemkab Samosir telah gagal menigkatkan PAD,” tegasnya. (pangihutan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles