30.9 C
New York
Wednesday, July 10, 2024

Perluas Areal Tanaman Padi, Pemkab Samosir Salurkan Alsintan Pada 15 Kelompok Tani

Samosir, MISTAR.ID

Sebanyak 15 Kelompok Tani di Kabupaten Samosir menerima bantuan alat pertanian pra panen dari bantuan Kementerian Pertanian tahun anggaran 2024 untuk memperluas areal tanaman padi.

Bantuan berupa 5 unit hand traktor, 5 unit pompa air 3 inci dan 5 unit pompa air 4 inci yang bersumber dari APBN Kementerian Pertanian RI Tahun 2024 diserahkan langsung Bupati Samosir Vandiko Gultom, Senin (24/6/24) di Kompleks Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian Samosir.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tumiur Gultom mengatakan pemberian bantuan tersebut untuk peningkatan areal tanam atau peningkatan indeks pertanaman padi di Kabupaten Samosir dan untuk menyelamatkan padi yang kekurangan air.

Baca juga: Dukung Perluasan Areal Tanam, Pemkab Labuhanbatu Serahkan Alsintan

Dengan adanya bantuan tersebut, Tumiur berharap perluasan areal tanam di Kabupaten Samosir dapat tuntas mencapai 700 hektar.

Bupati Samosir, Vandiko Gultom menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan program melalui sinergitas anggaran dengan APBD Kabupaten, Provinsi dan Pusat untuk memenuhi kebutuhan petani.

Vandiko mengatakan kelompok tani penerima bantuan merupakan petani yang sudah menyediakan lahan dan air sehingga alat dapat dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan  produksi hasil pertanian.

“Kelompok tani penerima sudah harus memiliki lahan dan air, karena bantuan diberikan untuk membantu meningkatkan hasil pertanian,” katanya.

Baca juga: Bupati Pakpak Bharat Serahkan Bantuan 129 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani

Kepada penerima bantuan, Vandiko meminta supaya memanfaatkan bantuan alsintan dengan  baik dan seluruh anggota kelompok tani dapat merasakan manfaatnya.

“Sebaik mungkin, ketua kelompok tani bersikap adil, memberi manfaat bantuan kepada anggota, jangan dikuasai satu orang saja,” tegasnya.

Salah seorang ketua kelompok tani penerima bantuan, Bastian Simbolon mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Samosir yang telah memberikan bantuan kepada kelompok tani.

“Bantuan ini akan kami gunakan dengan baik, sebagaimana harapan pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani,” ucapnya.(josner/hm17)

Related Articles

Latest Articles