15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Lagi, Penderita Busung Lapar Ditemukan di Palas Akhirnya Dibawa Berobat ke RS

Palas, MISTAR.ID  

Amran Sunadi Pulungan (13) penderita gizi buruk warga Desa Padang Garugur Jae, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Padang lawas (Palas) mendapat perhatian dari Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI) setempat, Putra Mahkota Alam Hasibuan.

Anak ke 6 dari 9 bersaudara ini diketahui sudah 2 tahun menderita gizi buruk atau busung lapar.

Ayah dari Sunadi, Asranuddin Pulungan mengatakan, anaknya mulai mengalami gejala gizi buruk dan fisiknya lemah sejak kelas II SD di kampung mereka.

Baca juga:Angka Stunting di Palas Tinggi, Anggota DPRD Sumut: Ganti Kadis Kesehatan

“Kalau makan mau, tapi kulit dan matanya mulai kuning dan perutnya membesar sejak kelas II SD,” kata Asranuddin, pada Selasa (14/11/23).

Dia mengatakan, sejak mengidap penyakit gizi buruk, Sunadi hanya dibawa berobat ke bidan dan obat kampung dengan swadaya sendiri.

“Berobat biasalah ke bidan. Belum pernah berobat ke Rumah Sakit (RS), karena ekonomi kita kurang mampu. Baru inilah berobat ke RS setelah dibantu Ketua HIPMI Palas,” katanya.

Baca juga:Bayi Penderita Gizi Buruk Butuh Penanganan Serius dari Pemkab Palas

Asranuddin merasa terbantu dan mengucapkan terima kasih kepada Putra Mahkota. “Terima kasih banyak bantuannya,” ucapnya dengan wajah sedih

Sementara itu, Putra Mahkota mengatakan, kedatangannya menjenguk Sunadi adalah panggilan kemanusiaan. Semula kata Putra, dirinya mendapat informasi ada seorang anak yang diduga mengidap penyakit gizi buruk di Desa Padang Garugur Jae.

“Ada informasi seperti itu dari kawan, saya langsung berangkat ke Padang Garugur Jae. Dan dibawa langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan,” sebutnya.

Baca juga:Disorot Pusat, Penanganan Stunting dan Gizi Buruk Lemah di Tanjungbalai

Putra mengatakan, secara manusiawi merasa terpanggil membawa Sunadi ke RS untuk diobati. Apalagi Sunadi masih lagi enak-enaknya bermain.

“Mudah-mudahan Sunadi lekas sembuh setelah dibawa berobat ke RS,” harapnya. (iskandar/hm16)

Related Articles

Latest Articles