15.8 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Plt Bupati Labuhanbatu Bagikan 1.500 Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar membagikan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bersumber dari dana bagi hasil sawit secara simbolis kepada Kepala Desa Janji, Kepala Desa Perbaungan, dan Kepala Desa Sei Jawi-Jawi sebagai perwakilan dari pekerja sawit di Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (11/9/24).

Ellya mengatakan, penerapan perlindungan Ketenagakerjaan untuk pekerja rentan merupakan wujud nyata peran pemerintah dalam mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial Ketenagakerjaan dan Instruksi Presiden Nomor 04 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Pemkab Labuhanbatu menindaklanjuti Inpres tersebut dengan pembentukan Peraturan Bupati Nomor 8 tahun 2024 tentang perlindungan sosial bagi pekerja rentan perkebunan kelapa sawit.

Sebagai bentuk kepedulian dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengimplementasikan perbup tersebut, maka Pemkab Pelabuhanbatu menanggalkan dana bagi hasil sawit untuk perlindungan pekerjaan dan di sektor perkebunan kelapa sawit melalui SK Bupati No. 560/241.1/DTK-4/2024 tentang penerima program BPJS ketenagakerjaan yang dibiayai oleh Dana Bagi Hasil Sawit Tahun Anggaran 2024 sebanyak 1.500 orang.

Baca Juga : Plt Bupati Labuhanbatu Salurkan BLT DD dan Honor Tenaga Posyandu

“1.500 orang yang sudah terdaftar tersebut merupakan upaya penerima bantuan kepesertaan jaminan sosial Ketenagakerjaan di sektor pekerja informal,” ujarnya.

Ellya berharap semoga di pembagian dana bagi hasil rawit di tahun 2025 bisa memberikan kontribusi lebih banyak lagi dari hhari ini, sehingga semakin banyak masyarakat pekerja informal di Kabupaten Labuhanbatu terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Rantauprapat, Edwin Syahputra mengatakan, kartu BPJS Ketenagakerjaan ini adalah untuk perlindungan pekerja sawit dengan iuran sebesar Rp 16.800 per peserta dimana kepesertaan ini akan melindungi jika ada kecelakaan kerja.

“Kabupaten Labuhanbatu memiliki jumlah pekerja sawit yang besar. Kita sangat support untuk melindungi pekerja sawit di Labuhanbatu. Semoga kerja sama dengan Pemkab Labuhanbatu akan terus meningkat setiap tahunnya,” tutupnya. (yazis/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles