15.6 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Komitmen Jamin Kesehatan WBP, Lapas Padangsidimpuan Gelar Pengobatan Massal

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan melalui Puskesmas Pijorkoling bekerjasama dengan Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan  melakukan pengobatan massal dan skrining kesehatan para narapidana di Aula Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan, Senin (21/2/22).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Sopian Subri Lubis didampingi Kepala Puskesmas Pijorkoling Ruslayni Pandia beserta tim tenaga kesehatan Puskesmas Pijorkoling.

Dalam sambutannya, Sopian Subri mengatakan bahwa menjamin kesehatan sesama (warga binaan) merupakan tanggung jawab bersama. “Kami dari Dinas Kesehatan hadir di sini dalam upaya menjamin kesehatan para warga binaan di Lapas yang merupakan tanggung jawab kita bersama. Dan kami siap sedia membantu menjamin kesehatan para warga binaan untuk kedepannya,” ucap Sopian Subri.

Baca Juga:Petugas Lapas Padangsidimpuan dan Warga Binaan Divaksinasi Booster

Sopian Subri menambahkan, kegiatan terlaksana atas kerjasama yang baik dan sebagai bukti nyata kepedulian terhadap kesehatan para warga binaan Lapas yang tentunya bisa membawa dampak positif bagi kesehatan warga binaan.

Sementara itu, Kepala Lapas Padangsidimpuan Indra Kesuma mengatakan, diselenggarakannya kegiatan ini bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai upaya mengobati, mendeteksi dan mencegah berbagai penyakit, baik penyakit menular maupun yang tidak menular, di lingkungan lapas. “Sebagai langkah antisipatif untuk mengetahui kondisi kesehatan WBP karena dengan kondisi jumlah penghuni yang padat, tentunya sangat rentan terserang berbagai penyakit. Sehingga kita bisa melakukan rencana tindak lanjut dengan Puskesmas,” ucapnya.

Kalapas Indra Kesuma juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya yang nyata untuk memenuhi setiap hak dan kebutuhan WBP sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal 14 ayat 1D, yang berbunyi “Narapidana berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak”.

Baca Juga:Jamin Kualitas Kesehatan WBP Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Terima Bantuan Obat

Kasubsi Perawatan Lapas Padangsidimpuan M Zulkaply Siregar didampingi Staf Perawatan Mara Bintang, menegaskan bahwa kegiatan pengobatan dan skrining kesehatan diikuti lebih dari 325 warga binaan, baik tahanan maupun narapidana.(asrul/hm15)

Related Articles

Latest Articles