16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Kasus Covid-19 di Samosir Makin Turun, Tinggal 3 Desa di Zona Merah

Samosir, MISTAR.ID

Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir kini semakin menurun. Data yang dihimpun Kominfo Kabupaten Samosir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, Kamis (17/3/22) menunjukkan bahwa 11 desa dari 134 desa di Kabupaten Samosir yang sebelumnya berada di zona merah, kini berangsur-angsur menurun menjadi 3 desa di Zona Merah yaitu Kecamatan Pangururan, Kecamatan Simanindo dan Kecamatan Harian.

Begitu juga dengan jumlah paparan terkonfirmasi positif Covid-19 Minggu lalu dengan jumlah 289 kasus, kini menurun drastis menjadi 126. Hampir 50 persen dari jumlah semula dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sedangkan update terbaru untuk zona Kabupaten Samosir yaitu 3 desa berada di zona merah, 14 zona oranye, 37 zona kuning dan 80 desa berada di zona hijau.

Penurunan yang signifikan ini tentunya bukan tanpa sebab, akan tetapi bentuk nyata kerja keras dan aksi di lapangan oleh semua pihak antara lain Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, Polres Samosir, Pemerintah Desa dan warga Masyarakat Samosir pada umumnya.

Baca juga: Update Covid-19 Kabupaten Samosir: 11 Desa Berada di Zona Merah

Plt Kadis Kominfo Kabupaten Samosir Ricky SH Rumapea baru-baru ini mengatakan bersyukur atas semakin menurunnya kasus Covid-19 di Samosir. Namun, dia mengimbau masyarakat agar tetap disiplin dengan 5 M, yaitu pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dan terkait vaksinasi, dia meminta masyarakat Kabupaten Samosir agar bersinergi membantu pemerintah untuk menekan laju penyebaran Covid-19 dengan mengikuti vaksin I,II,III. Dikatakannya, kunci penanganan Covid-19 adalah disiplin diri. (sawangin/hm09)

Related Articles

Latest Articles