9.6 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Kasus Aktif Covid-19 Tinggal 3.193 Orang, Sumut Masuk Level 2

Medan, MISTAR.ID

Kasus aktif atau orang yang terpapar Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara, Selasa (21/9/21), saat ini menyisakan 3.193 orang.

Data tersebut diketahui data Kemenkes RI update data kasus konfirmasi positif di Sumut berjumlah 103.719, usai bertambah 315 kasus baru.

Kemudian, total kasus kesembuhan sebanyak 97.747 orang usai bertambah 577 kasus dan kasus kematian berjumlah 2.779 setelah bertambah tujuh orang.

Dari data tersebut maka diketahui saat ini, jumlah orang yang sedang atau tengah terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumut ada sebanyak 3.193 orang. Jumlah ini mengalami penurunan 269 poin dari hari sebelumnya sebesar 3.462 orang.

Baca Juga:Pertengahan Mei Kasus Covid Sumut Bertambah 1.077, Gubsu Imbau Daerah Perketat Pengawasan

Terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Provinsi Sumut yang terus membaik, membuat Kemenkes RI memasukkan Provinsi Sumut dalam level 2 terkait situasi Covid-19 di Tanah Air.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, penetapan itu sesuai asesmen perkembangan situasi Covid-19 pertanggal 15 September 2021.

“Secara umum, Sumut sekarang sudah turun ke level 2. Sumut sendiri berada di level ini bersama 22 provinsi lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga:Gawat! Ratusan Massa Serang Satgas Covid Sumut di Lokasi Judi

Untuk daerah yang menjadi level 1, Aris menyebutkan, berdasarkan asesmen tersebut hanya diisi oleh Provinsi Jawa Timur. Lalu, untuk level 3 terdapat 10 provinsi, dan Level 4 nihil atau kosong.

Sedangkan untuk kabupaten/kota di Sumut secara khusus, Aris menjelaskan, saat ini sudah tidak ada lagi wilayah yang statusnya berada pada level 4.

Namun untuk level 1, kata dia, sejauh ini masih hanya terdapat satu kabupaten saja yakni, Deli Serdang.

Baca Juga:Angka Covid-19 Turun, Pemakaian BOR di Sumut Hanya 20 Persen

Kemudian, sambung Aris, untuk level 2 terdapat 21 kabupaten/kota yakni, Toba, Taput, Tapsel, Tapteng, Simalungun, Samosir, Pakpak Bharat, Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, Madina, Labusel, Labuhan Batu, Sibolga, Padangsidempuan, Gunung Sitoli, Karo, Humbahas, Dairi dan Asahan.

Selanjutnya, untuk level 3 terdapat 11 wilayah, masing-masing adalah, Sergai, Paluta, Padang Lawas, Langkat, Labura, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Pematangsiantar, Medan, Binjai dan Batu Bara.

“Namun begitu, kepada masyarakat tetap kita imbau agar terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, agar Sumut benar-benar menang melawan Covid-19,” katanya.(saut/hm10)

Related Articles

Latest Articles