17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kapolresta Deli Serdang Salurkan Bantuan Bagi Warga Korban Banjir

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kapolresta Deli Serdang, AKBP Raphael Shandy Cahya Priambodo memberikan bantuan sembako kepada warga yang rumahnya kebanjiran akibat hujan deras semalaman, pada Selasa (14/11/23).

Ribuan rumah warga di Kecamatan Batang Kuis dan Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang terendam banjir. Selain itu, sawah yang baru ditanam padi pun tenggelam akibat banjir dadakan tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh, sekitar 25 Kepala Keluarga (KK) di Jalan Karya Darma Dusun III, Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter.

Baca juga:Banjir dan Longsor Melanda Sumut

Kapolresta bersama Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar, Kapolsek Tanjung Morawa, AKP Firdaus Kemit, Camat Tanjung Morawa, Rio Lakadewa, Danramil 16/TM, Mayor Inf Romi Sembiring, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Desa (Kades) Tanjung Morawa B, Nazariati turun ke lokasi banjir.

Warga yang terkena banjir dihimbau untuk mengamankan diri dan mengungsi ke rumah warga yang tidak terkena banjir. Selain itu, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tanjung Morawa juga menyediakan dapur umum untuk membantu warga terkena banjir dengan  menyediakan Posko Kesehatan. Ini melibatkan tim medis Puskesmas Kelurahan Pekan Tanjung Morawa. Itu guna mengantisipasi masyarakat jika terserang penyakit.

Sementara bantuan yang tersedia di dapur umum, berupa telur ayam 70 papan, beras masing-masing 5 kg sebanyak 40 karung dan mie instan 60 dus serta nasi sebanyak 200 kotak.

Baca juga:Banjir Bandang Rusak 7 Rumah Warga di Salapian Langkat  

Berlanjut di Kecamatan Batang Kuis, Kapolresta bersama Kapolsek serta Forkopimcam Batang Kuis juga meninjau lokasi banjir di Desa Tanjung Sari Dusun IX.

Di tempat itu berdasarkan data, terdapat sekitar 1.700 KK terdampak banjir. Juga di Desa Sugiharjo Dusun I hingga Dusun V mencapai 1.335 KK.

“Kita terus berinteraksi sosial dengan warga yang terkena dampak banjir. Menyampaikan himbauan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar dapat menjaga diri khususnya bagi orang tua yang memiliki anak-anak kecil. Mengantisipasi dan terhindarnya  dari penyakit serta hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Raphael.

Baca juga:Bupati Samosir Tinjau Lokasi Banjir di Empat Desa Kecamatan Harian 

Mantan Kasat Narkoba Polresta Medan itu juga menyampaikan kepada tim medis Polda Sumatera Utara, Polresta Deli Serdang dan Puskesmas Kecamatan agar dapat lebih baik melayani, serta merespon keluhan warga masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Juga untuk masing-masing Kecamatan, kita telah mendirikan beberapa posko tanggap bencana, guna memberikan pelayanan kepada warga yang terdampak banjir secara intensif,” ungkapnya. (sembiring/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles