17.1 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Jelang Pilkada Serentak, Polsek Palipi Ingatkan Warga Hindari Perpecahan

Samosir, MISTAR.ID

Menjelang perhelatan Pilkada serentak tahun 2024 dan untuk mencegah perpecahan akibat politik identitas, Polsek Palipi menyambangi warga untuk mengimbau supaya tetap menjaga keharmonisan.

Personel Polsek Palipi, Aiptu H Swandi Sinaga, mengunjungi salah satu warung di Desa Huta Dame, Kecamatan Palipi untuk memberikan imbauan cara berpolitik sehat, Kamis (12/9/24).

Kepada warga, Sinaga meminta supaya menerapkan Dalihan Natolu untuk menghindari perpecahan di tengah-tengah masyarakat akibat perbedaan dukungan dan pilihan.

“Jangan kita paksakan pilihan kita kepada orang lain, karena seluruh masyarakat Kabupaten Samosir memiliki hubungan kekeluargaan yang diikat Dalihan Natolu,” ucapnya.

Baca Juga : Jelang Pilkada 2024, Polres Samosir Tingkatkan Kesiapsiagaan Personel Dalmas

Ia juga meminta supaya para orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai Dalihan Natolu kepada generasi muda untuk mencegah perpecahan dan menjaga ketertiban serta keharmonisan selama masa tahapan Pilkada Samosir.

“Masyarakat Kabupaten Samosir harus bersatu dan tidak terpecah oleh perbedaan pilihan calon kepala daerah,” ujarnya.

Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir Vandu P Marpaung mengatakan, perpecahan dapat dicegah jika adat Dalihan Natolu dapat diterapkan, terutama dalam situasi menjelang Pilkada Samosir.

“Penerapan Dalihan Natolu akan dapat menciptakan suasana pilkada yang aman dan kondusif di Kabupaten Samosir,” katanya. (josner/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles