18.1 C
New York
Friday, May 10, 2024

Jelang Nataru, Pj Bupati Tapteng Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Terpenuhi

Tapteng, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sugeng Riyanta, memastikan stok kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru terpenuhi. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi pasar murah yang berada di pelataran gedung serbaguna Pandan, Selasa (19/12/23).

“Masyarakat jangan panik dan memborong kebutuhan pokok menjelang Nataru, karena kebutuhan pokok terpenuhi sampai tiga bulan ke depan,” ujarnya.

Sugeng menyebutkan, menjelang Nataru pihaknya juga akan mengeluarkan surat edaran. Masyarakat diimbau agar tidak panik dalam menyambut Nataru, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pokok.

“Pihak Bulog tadi sudah menyampaikan bahwa stok beras, dan gula, serta minyak greng terpenuhi sampai tiga bulan ke depan. Ini yang akan kita sampaikan nanti kepada masyarakat lewat surat edaran Bupati supaya masyarakat tidak panic buying,” katanya.

Baca Juga : Pemko Medan Sediakan 53 Lokasi Pasar Murah Jelang Nataru

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Jonataruli Sidabalok mengaku sangat mendukung pasar murah yang difasilitasi Pemkab Tapteng. Menurutnya, dengan adanya pasar murah tentu akan mendorong minat masyarakat untuk berbelanja.

“Beli kebutuhan yang cukup saja agar tidak terjadi kenaikan harga yang akan bermuara ke inflasi. Kita dari BI Sibolga turut mendukung Pasar Murah ini dengan memberikan subsidi biaya angkut beras, minyak goreng, dan gula pasir dari Bulog ke tempat ini,” kata Jonataruli.

Dalam kunjungan yang dilakukan Pj Bupati Tapteng, ada beberapa pihak yang turut mendampingi. Diantaranya Bank Indonesia Sibolga, Bulog, Pertamina (elpiji) dan Dinas Perindag Tapteng.

Dari Bulog sendiri, pihaknya menyediakan 5 ton beras premium, 5 ton beras medium (SPHP), 5 ton gula pasir, dan 5 ribu liter minyak goreng selama pasar murah digelar. Adapun kebutuhan pokok yang disediakan di pasar murah ini yakni beras, gula, tepung terigu, elpiji, telur, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga : Gelar Pasar Murah, Harga Komoditas di Sibolga Terjaga

Untuk beras medium ukuran 5 kg dijual Rp 53 ribu. Sementara di pasar lain mencapai Rp 55 ribu rupiah. Beras premium ukuran 5 kg Rp 67.500, di pasar Rp 70.000. Minyak goreng 1 liter Rp 14 ribu, Gula pasir 1 kg Rp 16 ribu. Telur 1 papan Rp 49 ribu, gas elpiji 3 kg seharga Rp 17 ribu.

Dalam pasar murah itu, rata-rata perbedaan harga dengan harga di pasaran kisaran Rp 2.000-2.500 per itemnya. Pasar murah Pemkab Tapteng dibuka mulai hari Selasa 19 Desember 2023 sampai dengan Kamis 21 Desember 2023, mulai pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. (hendra simanjuntak/hm24)

Related Articles

Latest Articles