9.4 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Jeda Suntikan Dosis 2 Vaksinasi Massal di Toba Berselang 1 Bulan

Toba, MISTAR.ID

Alur meja empat, merupakan alur meja terakhir pada rangkaian proses penyuntikan vaksinasi Covid-19, dimana alur ini merupakan tempat observasi usai divaksin, yang bertujuan untuk melihat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang timbul usai menerima suntikan vaksin.

“Di samping itu, alur meja ini juga mengumumkan bahwa jadwal penyuntikan dosis 2 vaksinasi massal dilakukan berselang 1 bulan ke depan tepatnya 21 September 2021 mendatang usai disuntik dosis 1 hari ini,” ujar Seli Rospita Simanjuntak petugas pencatatan dan observasi vaksinasi.

Selain itu, Seli memaparkan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh setiap penerima vaksin jikalau terjadi KIPI seraya memberikan kartu vaksinasi. Menurut dia, usai vaksin biasanya timbul gejala pegal di lokasi penyuntikan, rasa lapar, nyeri maupun ngantuk, hal itu wajar saja tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Percepatan Vaksinasi Massal di Toba Butuh Dukungan Pemerintah Desa

Selain itu, Rospita Simanjuntak di tengah pelaksanaan vaksinasi massal bagi masyarakat umum menggunakan jenis vaksin Sinovac, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, Jumat (20/8/21) juga mengatakan suhu badan pun bisa juga menaik, jika hal itu terjadi disarankan untuk minum Paracetamol, serta dianjurkan mengkonsumsi buah dan vitamin, serta istirahat yang cukup.

“Saat jadwal penyuntikan dosis 2 pada 21 September 2021 mendatang, kami imbau agar kartu vaksinasi ini nantinya dibawa guna kelengkapan dan pemeriksaan adminastrasi saat penyuntikan dosis 2 tersebut,” tandas Seli mengakhiri.

Seluruh rangkaian vaksinasi massal yang berlangsung di Dinas Kesehatan Toba yang dimulai sejak 16 Agustus 2021 lalu dan berakhir hari ini, berlangsung lancar dalam kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pendampingan dan pengawasan TNI/Polri dan Satpol PP Toba.(james/hm09)

Related Articles

Latest Articles