11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Ibu Hamil Diimbau Tak Ragu Lakukan Vaksin

Toba, MISTAR.ID
Dari jumlah cakupan vaksinasi di Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, vaksinasi ibu hamil dinilai masih minim. Dari jumlah cakupan vaksinasi yang sudah menyasar 70.461 capaian dari 155.367 sasaran pada penyuntikan dosis satu dan cakupan vaksinasi pada suntikan dosis dua sebanyak 21.264 capaian dari 155.367 sasaran. Sedangkan terhadap ibu hamil, baru beberapa orang saja yang melakukan vaksinasi dan diantaranya merupakan tenaga kesehatan.

“Di beberapa tahapan sosialisasi edukasi pencanangan vaksinasi, para ibu hamil yang usia kehamilan sudah mencapai 13 minggu dapat dan aman untuk divaksin, namun tampaknya mereka masih enggan dan ragu, padahal vaksin menambah rasa percaya diri dan herd immunity dimasa kehamilan, terlindungi dari infeksi Covid-19,” ujar dr Betty Simanullang selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Siantar Narumonda, Kamis (2/9/21).

Betty berharap kiranya ibu hamil agar tidak ragu untuk divaksin pada tahapan vaksinasi selanjutnya.

Baca juga: 700 Ibu Hamil di 29 Puskesmas di Simalungun Mulai Divaksinasi

Masih minimnya jumlah ibu hamil yang divaksin, diakui sejumlah pimpinan fasilitas kesehatan tempat dilakukannya vaksinasi, diantaranya oleh Kepala Puskesmas Soposurung Kecamatan Balige Jimmy Hasibuan, mengakui belum pernah melakukan vaksinasi terhadap ibu hamil.

Berdasarkan amatan saat sosialisasi, mereka masih ragu dan enggan, namun edukasi tetap dilakukan dan dipastikan bahwa vaksin aman bagi bumil dan janin.

Lain halnya di Kecamatan Laguboti, disana sudah ada beberapa orang ibu hamil yang sudah divaksin.

“Memang awalnya mereka masih merasa ragu dan enggan, namun untuk mengantisipasi paparan corona terhadap ibu hamil dan janin, kiranya para ibu hamil bersedia untuk divaksin pada jadwal lanjutan vaksinasi di Toba,” ujar Daslan Simanjuntak selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Laguboti.

Baca juga: 440 Warga Binaan Rutan Labuhan Deli Disuntik Vaksin

Di Kecamatan Lumbanjulu baru ada 7 ibu hamil yang sudah divaksin, mereka aman tanpa efek samping yang serius, jadi bagi ibu hamil jangan ragu untuk divaksin, demi menjaga kesehatan dari paparan corona, sebut Kepala Puskesmas Lumbanjulu Bernard Sitorus.

Bernard berharap, edukasi vaksinasi bagi ibu hamil agar tetap intens dilakukan oleh penyuluh kesehatan dan kordinator bidan program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), pungkasnya.

Jumlah ril cakupan vaksinasi terhadap ibu hamil belum dapat dikonfirmasi, sebab tidak dipisahkan dalam aplikasi vaksinasi, ujar Kepala seksi Surveilans Dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Toba Tridarma Putra Simanjuntak.(james/hm06)

Related Articles

Latest Articles