16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Hari Jadi ke-77, Ashari: Momentum Refleksikan Peristiwa Sejarah Panjang Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

DPRD Deli Serdang menggelar rapat paripurna Hari Jadi ke 77 Kabupaten Deli Serdang, pada Senin (3/7/23).

Pada paripurna itu, Bupati, Ashari Tambunan menjelaskan, Hari Jadi Kabupaten Deli Serdang yang diperingati setiap tanggal 1 Juli merupakan momentum penting, untuk merefleksikan berbagai peristiwa sejarah dan perjalanan panjang bumi Bhinneka Perkasa Jaya dalam lintasan zaman.

Ashari menjelaskan, para pakar sejarah dan berbagai studi telah menyampaikan keberadaan Kabupaten Deli Serdang saat ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai fakta sejarah. Antara lain, keberadaan Kerajaan Serdang dan kedatangan Panglima Gocah Pahlawan yang keturunannya membangun Kesultanan Deli dan Serdang.

Baca juga: Hari Jadi Pemkab Deli Serdang ke-77, Daerah ini Berpotensi Besar Mensejahterakan Warga

Selanjutnya, pada 24 Juni 1946 silam, Dewan Legislatif Presiden Sumatera Timur, menetapkan 6 Bupati untuk 6 Kabupaten di Sumatera Timur. Salah satunya adalah Moenar S Hamidjojo diangkat sebagai Bupati Deli Serdang pertama.

Kemudian dikukuhkan bersama, pada 26 Juli 1946 dan berlaku sejak 1 Juli 1946, termasuk Deli Serdang.

“Peristiwa ini lah yang melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 1 Juli sebagai Hari Jadi Kabupaten Deli Serdang,” papar Ashari.

Tidak dapat dipungkiri, tambahnya, perjalanan sejarah cukup panjang ini telah membentuk karakter khas dan perpaduan berbagai karakter suku yang lebih awal berdiam di daerah itu, yakni Suku Melayu, Karo dan Simalungun. Dan telah beradaptasi serta berakulturasi, dengan beraneka ragam suku lainnya. Sehingga melahirkan identitas dan jati diri yang disebut ciri khas masyarakat Deli Serdang.

Baca juga: Tenaga Honor dan ASN Boyong Sepeda Motor Hari Jadi Deli Serdang ke-77

“Setelah melewati berbagai peristiwa panjang dan perjuangan tidak mudah, tak berlebihan jika tema yang yang diambil adalah Bangga Jadi Warga Deli Serdang. Ini menunjukkan rasa bangga kepada Kabupaten Deli Serdang yang kita cintai ini,” kata Ashari.

Dalam perjalanannya sampai di usia 77 tahun ini, kata Ashari banyak hal yang patut disyukuri karena berbagai pembangunan yang dilakukan terus menunjukkan peningkatan positif. Antara lain, Deli Serdang memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di antara Kabupaten/Kota lain di Provinsi Sumatera Utara.

Tahun 2022 lalu, IPM Deli Serdang berada di angka 76,19 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari Sumut dan nasional. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Deli Serdang tahun 2022 sebesar 40,7 persen atau mengalami pertumbuhan positif bila dibandingkan dibandingkan tahun 2021 lalu.

Dari sisi penghargaan, Kabupaten Deli Serdang sudah cukup banyak mendapatkannya. Baik dari pemerintahan pusat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), maupun lembaga lainnya.

Baca juga: Sambut Hari Jadi, Pemkab Deli Serdang Gelar Jalan Santai Berhadiah Sepeda Motor

Penghargaan-penghargaan yang diraih itu menjadi bentuk pengakuan jika penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Deli Serdang sudah berjalan baik.

Wakil Ketua DPRD, T Ahmad Thala’a mengajak semua pihak untuk bersinergi demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Deli Serdang. Dikatakan, berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini tidak terlepas dari berbagai hambatan, kekurangan dan tantangan yang ada.

“Mari kita gelorakan semangat persatuan menuju Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Tengku Ameck ini juga menyinggung perihal raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumatera Utara atas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Deli Serdang Tahun Anggaran (TA) 2022.

Baca juga: Lokasi Wisata Murah dan Mengesankan di Deli Serdang

“Capaian ini adalah yang kelima kalinya. Pencapaian ini diharapkan bisa semakin mendorong terwujudnya Good Government dan Clean Government,” sebut Tengku Ameck.

Hadir pada paripurna tersebut, Ketua DPRD, Zakky Shahri, Wakil Ketua, Amit Damanik dan Nusantara Tarigan Silangit, Sekretaris Daerah (Sekda), Timur Tumanggor, Sekretaris DPRD, Binsar TH Sitanggang, Ketua TP PKK, Yunita Ashari Tambunan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Boya Timur Tumanggor, Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, Kepala BNNK Deli Serdang, Kombes Pol Muhammad, Ketua Pengadilan Agama (PA) Lubuk Pakam, Juwaini, mantan Wakil Bupati Deli Serdang, Zainuddin Mars, keluarga mantan Bupati/Wakil Bupati dan undangan lainnya. (rinaldi/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles