23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Hari Ini Samosir 4 Kali Dilanda Gempa Kecil

Samosir, MISTAR. ID

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Regional I Medan mendata setidaknya telah terjadi 4 kali kejadian gempa bumi di wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat (4/6/21).

Rentetan gempa yang terjadi 4 kali masih terbilang gempa kecil, dan gempa yang terjadi di Samosir ini termasuk dalam klasifikasi gempa Swarm.

“Berdasarkan kegempaan Samosir yang terjadi hari ini masih merupakan gempa swarm, yaitu kejadian gempa yang magnitudonya kecil,” ujar Chichi Nur Hafizah, Staf Analis Gempabumi Pusat Regional I saat dihubungi, Jumat (4/6/21).

Baca Juga: BBMKG Catat 184 Kali Gempa Dangkal Terjadi di Samosir

Lanjut Chichi Nur Hafizah kembali, gempa Swarm yang terjadi di Samosir sangat lokal dan kedalaman dangkal dibawah 60 Km dengan frekuensi kejadian yang tinggi dan berlansung dalam waktu yang relatif lama.

Kabupaten Samosir belakangan ini kerap mengalami kekadian gempa kecil. Bahkan BBMKG Wilayah 1 Medan mencatat ada 184 kali terjadi gempa bumi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, yang berlangsung pada Rabu (19/5/21) yang lalu.

Bahkan analis PGR1 terus melakukan monitoring kejadian gempa bumi di Samosir terus dilakukan, mengingat seringnya terjadi gempa di daerah tersebut.(Hamzah/hm13)

 

Related Articles

Latest Articles