17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

H-1 Pilkades di Toba, Situasi Aman Terkendali

Toba, MISTAR.ID

Menjelang Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Toba yang akan digelar besok, Selasa (14/12/21), hingga hari ini (H-1) situasi tetap melandai aman dan kondusif. Salah satunya di Kecamatan Balige yang menggelar pilkades di tiga desa yakni Desa Longat, Desa Aek Bolon Julu dan Desa Sibuntuon.

Hal itu diamini Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Longat Marlina Gultom. Hingga hari ini, semuanya aman dan kondusif. “Kami panitia akan semaksimal mungkin melaksanakan tugas sesuai aturan dan tidak akan memihak kepada salah satu calon kades. Hal itu tidak akan pernah terjadi,” ujar Marlina, Senin (13/12/21).

Terkait logistik, akan didistribusikan sore ini. “Saat ini kami sedang melakukan pembenahan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah DPT di Desa Longat sebanyak 369 pemilih dan akan diperebutkan oleh tiga orang kandidat calon kepala desa. Mewakili P2KD, kami berharap kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan pilkades yang damai, aman dan adil seraya mematuhi prokes Covid-19 saat pencoblosan besok,” imbau Marlina.

Baca Juga:Polres Toba Ajak Elemen Masyarakat Sukseskan Pilkades Serentak 2021

Terkait kondusifitas keamanan di lapangan, Kapolsek Balige Polres Toba AKP Agus Salim Siagian, mengatakan semuanya dalam kondisi aman dan kondusif.

Hal serupa disampaikan Kapolsek Silaen AKP Rudi Tampubolon. Ia mengatakan, Kecamatan Silaen sebanyak lima desa akan melaksanakan pilkades. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama mewujudkan pilkades yang aman dan adil demi kemajuan desa ke depannya. “Siapapun calon yang terpilih, adalah yang terbaik untuk membangun desa ke depannya,” ujar AKP Rudi Tampubolon.

Sementara di Kecamatan Laguboti sebanyak 4 desa menggelar pilkades. “Muspika secara inten melakukan monitoring melakukan edukasi demi terwujudnya pilkades yang damai dan aman,” kata Sekcam Lagu Boti Nessy Tampubolon. Pilkades serentak tahun 2021, akan dilaksanakan di 41 desa yang terdapat di 14 kecamatan, dari 16 jumlah kecamatan di Kabupaten Toba. (james/hm12)

Related Articles

Latest Articles