12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Gempa Padangsidimpuan Akibat Aktifitas Sesar Barumun

Medan, MISTAR.ID

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan Darmawan mengatakan gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,6 guncang wilayah Padang Sidempuan dan sekitarnya, Minggu (10/7/22) akibat aktivitas sesar Barumun.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Barumun yang berada di daerah tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, episenter gempa terletak pada koordinat 1.24 LU dan 99.42 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara Padang Sidempuan pada kedalaman 1 km.

Baca juga:Padangsidimpuan Gempa

Darmawan menjelaskan, guncangan gempa juga dirasakan di Aek Godang dan Kota Padang Sidempuan dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

Darmawan juga memastikan hingga pukul 16:25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Namun, dia meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga:Gempa Berkekuatan 4,9 Magnitudo di Aceh Barat Tidak Berpotensi Tsunami

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ucapnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles