14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Event Internasional Aqua Bike Mampu Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi UMKM

Toba, MISTAR.ID

Kabupaten Toba menjadi tuan rumah pertandingan final Event Aqua Bike pada November 2023 mendatang. Kegiatan ini akan dilaksakan di empat Kabupaten yaitu, Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, juga Kabupaten Toba yang nantinya akan diadakan pertandingan final taraf internasional.

Event ini akan dimulai dari Kabupaten Karo pada tanggal 22 November 2023. Kemudian di Kabupaten Dairi tanggal 23 November dan Samosir tanggal 24 November. Selanjutnya pertandingan final diadakan di Toba pada tanggal 25-26 November 2023 mendatang.

Sekda Kabupaten Toba, Augus Sitorus mengatakan event Aqua Bike ini merupakan agenda nasional untuk memicu pertumbuhan ekonomi terkhusus kepariwisataan dalam rangka mengundang turis-turis lokal dan mancanegara.

Baca juga : Pemkab Toba Bakal Adakan Workshop UMKM di Desa Wisata

Menurut Augus, Hal ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi melalui perputaran ekonomi UMKM juga dukungan-dukungan dari berbagai stakeholder.

“Seperti kita lihat pada saat event F1H20 pada bulan Februari lalu secara ekonomi mikro ini sudah dilakukan survei oleh Bank Indonesia bahwa putaran uang selama event itu di kawasan Danau Toba sekitar Rp400 miliar dan ini berdampak nasional dan tingkat provinsi secara khusus juga berdampak di Kabupaten Toba,” ucapnya, Selasa (12/9/23) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, saat event itu, semua hunian hotel ataupun homestay dan berbagai kegiatan ekonomi kemasyarakatan tentu akan berputar lebih banyak daripada biasanya.

Related Articles

Latest Articles