13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Dua Hari Melaut, Nelayan Nias Selatan Tak Kunjung Ditemukan

Telukdalam, MISTAR.ID

Gasawa’auri Dachi (38), seorang nelayan warga Desa Hilimaenamolo, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan tak kunjung pulang atau ditemukan setelah melaut  pada hari Jumat (23/7/21) sekitar pukul 05.00 WIB.

Dari keterangan istri korban, Gasawa’auri pergi melaut di daerah Nonoya Hilimaenamolo pada hari Jumat (23/7/21) pagi hari sekitar pukul 5.00 WIB dengan membawa perlengkapan mancing sebagaimana biasanya.

Biasanya korban pulang paling lambat jam 2 atau jam 3 sore. Tapi hingga jam 7 malam pada hari itu Gasawa’auri tidak pulang-pulang sehingga akhirnya anaknya laki-laki memberitahukan kepada keluarganya yang lain bahwa bapaknya belum balik balik dari melaut.

Baca juga: Belasan Kapal Nelayan Karam di Kalbar, 42 Orang Dinyatakan Hilang

Saat itu juga keluarga langsung melapor kepada kepala desa, kemudian kepala desa melapor kepada BPBD Nias Selatan.

Pada pukul 20.00 WIB, BPBD Nias Selatan langsung turun ke lapangan dengan membawa 1 unit perahu beserta perlengkapannya.
Di sana mereka bertemu dengan keluarga korban, kepala desa, dan masyarakat setempat.

Karena pada malam hari itu cuaca sangat tidak mendukung akhirnya disepakati untuk melakukan pencarian esok harinya pada hari Sabtu tanggal 24 Juli 2021.

Idealis Dachi selaku kepala BPBD Nias Selatan menjelaskan bahwa pada pencarian pertama hari Sabtu (24/7/21) tim melakukan pencarian di daerah laut Nonoya Maniamolo.

Di sana tim menemukan 1 unit perahu beserta alat-alat pancing milik korban, namun hingga menjelang malam, korban tak kunjung ditemukan.

Baca juga: Wabup Deli Serdang: Minta Nelayan Tidak Melakukan Pelanggaran Lintas Negara

“Pada pencarian pertama tim kita menemukan 1 unit perahu beserta alat-alat pancing yang diyakini merupakan milik korban, namun hingga menjelang malam korban belum ditemukan. Oleh karenanya pencarian akan dilanjutkan esok hari Minggu (25/7/21),” kata Idealis Dachi.

Idealis menambahkan pada pencarian hari ini direncanakan akan dilakukan bersama-sama dengan BPBD, Basarnas, Lanal Nias, dan masyarakat setempat.(lase/hm06)

Related Articles

Latest Articles