16.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

DPT Desa Lumban Gaol 974 Pemilih, Ini Tahapan Saat Pencoblosan

Toba, MISTAR.ID

Hari yang ditunggu-tunggu sejumlah daerah di Indonesia untuk melaksanakan agenda nasional yakni pemilihan kepala daerah secara serentak telah tiba dan berlangsung hari ini, Rabu (9/12/20).

Kabupaten Toba salah satunya. Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang berkontestan akan ditentukan hari ini melalui proses pemungutan suara di 477 TPS di Toba. Dimasa pandemi Covid-19 seluruh jadwal dan tahapan pelaksanaan pilkada, tetap mengacu pada kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes), termasuk saat pencoblosan dan pengitungan suara yang sudah dimulai sejak pukul 07.00 wib tadi pagi.

Pantauan MISTAR.ID di TPS 2, Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba terdapat jumlah DPT sebanyak 488 pemilih. Sebelum pencoblosan, prokes harus dilaksanakan yakni saat memasuki TPS, pemilih dibuat jarak dan dipastikan terlebih dahulu mencuci tangan, memakai masker, diukur suhu tubuhnya, memakai sarung tangan plastik dan diimbau segera meninggalkan TPS jika sudah selesai memberikan hak suara.

Baca Juga:Alat Rapid Test Disedikan Bagi Petugas TPS Saat Pencoblosan

“Kepatuhan terhadap prokes itu, kami terapkan sejak awal penghitungan kertas suara, saat pencoblosan hingga penghitungan suara di TPS,” ujar Ketua KPPS 2 Betty Herlin Napitupulu disela-sela proses pencoblosan, Rabu (9/12/20) TPS 2 di halaman kantor Desa Lumban Gaol.

Informasi yang dihimpun, Desa Lumban Gaol terdapat 2 TPS, dimana TPS 1 berada di Dusun I dengan jumlah DPT sebanyak 486 pemilih, TPS 2 berada di halaman kantor desa dengan jumlah DPT sebanyak 488 pemilih sehingga total jumlah DPT sebanyak 974 pemilih. (james/hm12)

Related Articles

Latest Articles