14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Distapangtan Samosir Salurkan Bibit Kopi dan Bawang Merah

Samosir, MISTAR.ID

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Distapangtan) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menyalurkan bibit Kopi dan bawang merah kepada para petani melalui kelompok tani yang ada di Kabupaten Samosir.

Bantuan bibit kopi dan bawang merah diserahkan secara simbolis oleh Asisten III Pemkab Samosir, Waston Simbolon didampingi Plt Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom, Senin (9/10/23) di halaman Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian, Parbaba.

Plt Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian Samosir, Tumiur Gultom, mengatakan bantuan bibit kopi sebanyak 232.000 batang merupakan program peningkatan kualitas sumber daya genetik tanaman melalui peremajaan tanaman kopi.

Baca juga : Budidaya Perikanan Berkelanjutan Disosialisasikan, Begini Pesan Pemkab Samosir

Selanjutnya, bibit bawang merah varietas tajuk yang merupakan program pengembangan bawang merah pada kegiatan peningkatan mutu dan peredaran benih/bibit tanaman yang bersumber dari APBD Samosir TA. 2023 sebanyak 4.167 kg.

Dikatakannya, ada sebanyak 101 kelompok tani penerima bibit kopi dan 13 kelompok tani penerima bibit bawang merah yang berlabel ungu untuk menghasilkan bibit berlabel biru.

“Tahun ini akan ada total hampir 20 ton bantuan bawang merah yang semuanya berlabel ungu. Yang kita harapkan adalah agar petani bawang di Samosir bisa mandiri dari pengadaan bibit,” katanya.

Related Articles

Latest Articles