16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Direktur GTK PUD Sebut Strategi Penanganan PAUD Melalui 3 Aksi

Batu Bara, MISTAR.ID

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Yaswardi memaparkan strategi penanganan PAUD dengan berkolaborasi dan melibatkan banyak komponen. Yaswardi mengatakan ada tiga aksi yang menjadi fokus kemitraan Kemendikbudristek dengan Bunda PAUD dalam penanganan PAUD.

Pertama, menghadirkan lingkungan kaya keaksaraan melalui kegiatan membacakan buku cerita untuk anak, di rumah dan di satuan PAUD. Kedua, mengajak orang tua, pakar, dan para mitra untuk mendampingi guru dan satuan PAUD agar dapat merancang kegiatan pembelajaran dalam skema pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan mendukung penyediaan materi bermain belajar. Ketiga, meningkatkan akses ke buku bacaan anak di lokasi yang dapat diakses oleh pendidik dan orangtua, terutama dan termasuk di satuan PAUD.

Strategi penanganan tersebut dipaparkan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Dr. Yaswardi pada kunjungan kerja Bunda PAUD dan Kadisdik Kabupaten Batu Bara ke Direktorat GTK di lobby Gedung D Kemendikbud Ristek Senayan Jakarta, Rabu (2/2/22) petang.

Baca juga: Bunda PAUD Batu Bara Serahkan Peralatan Sholat untuk PAUD Pokja

Direktur menyatakan tertarik atas paparan Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Maya Indriasari Zahir mengenai terobosan yang dilakukan untuk kemajuan PAUD. “Apa yang sampaikan dalam diskusi oleh Kadisdik dan Bunda Paud menarik perhatian kami. Kami akan melakukan kunjungan kerja ke Batu Bara dalam waktu dekat ini. Saya yakin Bupati Batu Bara ini pasti energik, pasti menarik diskusi tentang banyak hal. Jadi kami akan datang ke Batu Bara berdiskusi banyak hal sambil ngopi-ngopi”, papar Direktur Yaswardi.

Kunjungan kerja Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Maya Indriasari Zahir bersama Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus dikhabarkan Kadis Kominfo Kabupaten Batu Bara Edwin R Sitorus melalui Website Diskominfo, Kamis (3/2/22).

Disebutkan, pada pertemuan tersebut, Direktur PAUD Hasbi yang diwakili Korbid Asmawi didampingi Hamzah mengatakan salut atas terobosan yang sudah dilakukan di Batu Bara terkait penyusunan RKAS dan pemanfaatan dan pelaporan dana BOP PAUD dan kesetaraan termasuk SD dan SMP sudah menggunakan aplikasi.

Asmawi juga memaparkan tentang BOP PAUD Kesetaraan tahun 2022 bahwa BOP 2022 dilakukan dengan penyaluran langsung dari Kemekeu ke satuan pendidikan, satuan biaya masing-masing kab/kota berbeda berdasarkan IKK. “Semua satuan biaya yang ditetapkan mendapatkan BOP tanpa mempertimbangkan jumlah peserta didik termasuk daerah terpencil, lalu dasar penetapan pagu anggaran adalah data berdasarkan data dapodik per 7 Desember 2021,”jelas Asmawi.

Baca juga: Bagikan Raport Kesehatan Gigi, Bunda PAUD Batu Bara Praktikkan Cara Bersihkan Gigi  

Terkait dengan perizinan lembaga TK/PAUD, maka sesuai dengan UU Cipta kerja dan surat edaran Kemdikbud Ristek Nomor 26 tahun 2021 intinya mengembalikan perizinan kembali ke pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan. “Karena lembaga TK PAUD tidak termasuk lembaga bisnis,” terang Asmawi.

Sebelumnya pada acara sama, Maya menceritakan perkembangan TK PAUD dalam dua tahun kepemimpinannya selaku ketua Bunda PAUD. Menurutnya walau dalam suasana Pandemi Covid-19 namun tidak mengurangi semangat untuk membangun generasi penerus melalui pendidikan anak usia dini. Mulai dari pembentukan dan pengukuhan Bunda PAUD dan Pokja bunda PAUD di setiap kecamatan sampai ke kelurahan dan desa.

“Begitu juga stimulan yang diberikan melalui APBD kabupaten serta dukungan kepada tenaga pendidik dan kependidikan di jenjang TK PAUD. Semua ini menunjukkan perhatian kami untuk pendidikan yang lebih baik dimulai dari jenjang PAUD,” terang Maya.(ebson/hm09)

Related Articles

Latest Articles