33.7 C
New York
Saturday, June 22, 2024

Desa Mangga Dua di Sergai HUT ke-100, Ini Pesan Bupati Darma Wijaya

Sergai, MISTAR.ID

Desa Mangga Dua yang berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai Bedagai (Sergai) genap berusia 100 tahun. Bupati Sergai H Darma Wijaya berharap di momentum usai satu abad ini, bisa dijadikan refleksi dan renungan yang bernilai sebagai pondasi dan referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan, sekaligus responsif terhadap berbagai tantangan yang akan datang.

“Masyarakat Desa Mangga Dua wajib bersyukur dengan menjadikan hari lahir desa ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjalanan kehidupan desa ini dengan kerja-kerja nyata yang produktif sekaligus sebagai wahana untuk meneguhkan komitmen,” ujarnya saat menghadiri peringatan hari ulang tahun ke-100 Desa mangga Dua, Kamis (30/5/24).

Kemudian, Darma Wijaya juga meminta untuk bersatu padu memberikan karya serta prestasi terbaik sesuai dengan kapasitas, kompetensi, dan kapabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat Desa Mangga Dua yang lebih baik lagi.

Dia berpesan jika momentum hari ulang tahun desa ini sangat tepat untuk dijadikan intropeksi bersama antara pemerintah dan masyarakat desa, sekaligus menetapkan resolusi bersama menuju cita-cita kemajuan dan kemakmuran desa melalui pembangunan ekonomi masyarakat desa.

Baca Juga : Bangun Nilai Kemerdekaan, Bupati Sergai Ajak Pemuda Ikuti Semangat Boedi Oetomo

Menurutnya, pembagunan ekonomi masyarakat desa harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Hal ini didukung dengan suatu program prioritas kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam bentuk penyaluran dana desa dan alokasi dana desa (ADD).

“Program ADD ini merupakan upaya pemerataan pembangunan dan keberpihakan pemerintah dalam membangun kemandirian desa dengan tujuan untuk membangun infrastruktur, meningkatkan daya beli masyarakat, maupun mengoptimalkan program-program berbasis potensi lokal desa,” katanya.

Darma Wijaya mengatakan, tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan pemerintahan tentu membutuhkan dukungan, kebersamaan, dan harmonisasi yang saling mengisi dan melengkapi.

“Hal ini akan menjadi landasan yang kuat untuk menghadapi tantangan dan dinamika pembangunan yang terus berubah, kontribusi pemikiran dan ide kreatif serta nasehat, dalam rangka mendukung proses pembangunan di Desa Mangga Dua dan Kabupaten Sergai akan menjadi perhatian dan inspirasi bagi kita semua untuk selalu melakukan yang terbaik secara berkelanjutan dan lebih maju” pungkasnya. (damanik/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles