22.5 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Dalam Setahun, Dinkes Deli Serdang Terbitkan 28 Ribu KIS Bagi Warga Kurang Mampu

Deli Sedang, MISTAR ID

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deli Serdang dr Asri Ludin Tambunan menyebut, sejak Mei 2023 lalu hingga saat ini ada penambahan 28 ribu warga kurang mampu di daerah itu yang mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan.

“Sampai hari ini, mulai saya menjabat dinas setahu lalu, kita telah menerbitkan hampir 28 ribu KIS. Saya tahu, walaupun itu jauh dari kurang untuk warga yang membutuhkan, paling tidak dua bulan belakangan ini masyarakat yang membutuhkan sudah bisa mendapat jaminan kesehatan,” ujar dia saat menghadiri acara Agent of Change yang dilaksanakan di Puskesmas Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Senin (13/5/24).

Pria yang akrab disapa dokter Aci ini mengakui bahwa jumlah tersebut masih dirasa kurang, tapi selama dua bulan belakangan ini masyarakat yang membutuhkan sudah bisa mendapat jaminan Kesehatan.

Baca Juga : Meriahkan HUT RI ke-78, Dinas Kesehatan Deli Serdang Gelar Berbagai Lomba

Untuk itu, dokter spesialis penyakit dalam ini berharap dalam dua bulan ke depan pendataan yang dilakukan para kader kesehatan dan bidan terhadap warga yang benar-benar membutuhkan kartu tersebut bisa segera diberikan.

“Kalau mereka sudah punya kartu KIS, maka sudah punya pegangan modal dasar untuk berobat. Sehingga tidak lagi bergantung sama keluarga lainnya. Karena kalau sudah sakit, biasanya semuanya dilibatkan. Baik orang tua, mertua hingga kepala desanya juga dilibatkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dr Aci juga membagikan 150 KIS kepada warga yang kurang mampu, mulai dari ibu hamil, warga yang sedang sakit dan lainnya. “Mudah-mudahan ini bisa membantu warga kita. Paling tidak ini menjadi jawaban bahwa pemerintah itu hadir di tengah-tengah masyarakatnya,” tandasnya. (rinaldi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles