16 C
New York
Thursday, August 22, 2024

Anggaran Rp500 Juta untuk Paskibraka di Dairi Disebut Minim

Selain itu, uang saku anggota Paskibraka selama karantina selama 5 hari. Lalu, sewa angkutan umum untuk transportasi antar jemput anggota Paskibraka pulang pergi dari Hotel ke Stadion Utama Sidikalang saat latihan.

“Biaya jemput duplikat bendera pusaka ke BPIP Jakarta. Sewa bus 3-4 bus selama dua hari untuk antar jemput Paskibra pasca pengukuhan dan hari puncaknya,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 45 pelajar yang bertugas sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Dairi tahun 2024 berangkat menggunakan mobil angkutan umum dari tempat karantina Hotel Mutiara Dairi menuju Lapangan Stadion Utama Panji, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sabtu (17/8/24).

Momen ini menjadi perhatian publik, membuat Mistar.id mempertanyakannya kepada Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Dairi, Yon Hendrik.

Baca juga : Daftar Petugas Paskibraka Pengibaran Bendera HUT RI ke-79 di IKN

Yon mengakui pihaknya menyewa mobil angkutan umum untuk transport antar-jemput anggota Paskibraka dari hotel ke Stadion. Angkutan umum itu disewa selama anggota Paskibraka menjalani latihan dan karantina hingga selesai, dalam kurun waktu tiga minggu.

Kadishub Pemkab Dairi, Parulian Sihombing membantah jika bus mereka tidak tersedia untuk Paskibraka. Menurutnya, koordinasi ada, tapi penggunaan bus Dishub harus sesuai Peraturan Daerah (Perda).

Dalam kesempatan itu, Parulian juga membenarkan dari 4 unit bus Dishub hanya 2 unit layak operasi. Dikutip dari laman portal Dairi.go.id, pengukuhan anggota Paskibraka diadakan di Balai Budaya Sidikalang, Jumat (16/8/24), oleh Pj Bupati Dairi Surung Charles Bantjin.

Paskibraka yang telah dikukuhkan itu merupakan putra-putri terbaik Dairi yang memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pengibar bendera, tetapi harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin, dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. (manru/hm18)

Related Articles

Latest Articles