23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bupati Sergai Terus Pantau Kondisi Korban Banjir

Sergai, MISTAR.ID

Sebagai bentuk rasa keprihatinan dan kepedulian terhadap nasib warganya Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya bersama Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Selamat Hartono, Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, Plt Kepala BPBD Sergai Frits Damanik kembali meninjau korban banjir.

Dengan mengendarai sepeda motor trail di dua kecamatan yaitu, Kecamatan Sei Rampah dan Kecamatan Tanjung Beringin sekaligus mengantar langsung sembako ke posko-posko korban banjir yang ada di dua kecamatan tersebut, pada Rabu (14/12/22).

Diketahui Kecamatan Tanjung Beringin merupakan kecamatan yang terparah terdampak banjir setelah Kecamatan Sei Rampah. Saat sampai di posko Sei Rampah Bupati Darma Wijaya yang akrap disapa Bang Wiwik ini langsung memastikan ketersediaan bahan pokok serta kondisi kesehatan para pengungsi.

Baca juga: Desa Paya Bagas Sergai Masih Terendam Banjir

Selanjutnya, Bang Wiwik ke tenda pengungsi dan sempat berdialog dengan pengungsi dan mengajak untuk tetap tabah dalam menjalani cobaan tersebut.

Setelah selesai di Kecamatan Sei Rampah Bupati melanjutkan perjalanannya menuju ke Kecamatan Tanjung Beringin yang kondisi banjirnya semakin parah. Setelah melihat posko korban banjir yang berdiri di pinggir, bupati langsung menghampiri dan memberikan bantuan Sembako yang berisikan beras, mie instan, serta telur.

Di kesempatan tersebut, Bupati Sergai Darma Wijaya memberikan imbauan kepada korban banjir untuk tetap waspada mengingat kondisi cuaca ekstrem.

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu saya minta untuk terus waspada mengingat cuaca ekstrim hingga hari ini dan kita belum tahu kapan berlalunya jika ada yang sakit segera lapor ke petugas kesehatan agar segera ditangani,” imbau bupati.

Kemudian bupati melanjutkan perjalanannya kembali, setibanya di posko yang berada di Dusun XIII, Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin Bupati kembali menyalurkan bantuan di posko tersebut.

Baca juga: Desa Paya Bagas Sergai Masih Terendam Banjir

Dengan raut wajah yang di penuhi senyum ibu-ibu menyambut rombongan bupati. Dikesempatan itu sebagai bentuk rasa syukur dengan kepedulian Bupati yang terus berkunjung melihat mereka, puluhan Ibu-ibu yang berada di posko dan dapur umum mengajak Bupati Darma Wijaya makan bersama.

Sambal terasi, sayur lodeh dan ikan asin menjadi menu yang disantap Bupati Darma Wijaya bersama dengan Ibu-ibu yang berada di posko korban banjir tersebut, tentunya menu tersebut sudah tidak asing di lidah bupati yang lahir dari keluarga sederhana, bahkan karena nikmatnya makanan tersebut bupati sempat nambah.

Melihat bupati yang lahap menyantap makanan tersebut, ibu-ibu yang makan bersama Bupati turut bahagia. Dalam suasana makan bersama itu, terlihat bupati dan ibu-ibu mengobrol dan bersenda gurau sehingga suasana penuh rasa kekeluargaan.

Salah seorang ibu-ibu Rosna (56) warga Dusun XIII sempat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Darma Wijaya yang terus memantau korban banjir yang ada di Tanjung Beringin, ia pun berdoa agar bencana banjir itu cepat berlalu.

“Terimakasih pak, bapak terus pantau kami dan bisa makan bersama dengan kami, kita sama-sama berdoa semoga bencana banjir ini segera berlalu” papar Rosna.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi dan Tanggul Pecah, Desa Paya Bagas Sergai Dilanda Banjir

Sejak pagi hingga sore Bupati Darma Wijaya terus memantau korban banjir, ia mengatakan besok akan kembali memantau korban banjir. “Besok kembali kita pantau baik kesehatannya, stok makanannya kita sama-sama berdoa semoga banjir ini segera berlalu,” papar bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Selamat Hartono mengatakan sejauh ini keluhan korban banjir adalah gatal-gatal pada kulit. Pihaknya selalu stanby memantau kondisi korban banjir, jika ada laporan dan butuh bantuan tim medis selalu siaga.

Begitu juga dikatakan Kadis Pendidikan Suwanto Nasution Dinas Pendidikan meliburkan sekolah terdampak banjir. “Sekolah terdampak banjir baik SD dan SMP di Tanjung Beringin dan Sei Rampah telah di liburkan namun sekolah yang tidak terdampak tetap seperti biasa melakukan belajar mengajar,” papar Suwanto Nasution.(boby/hm09)

Related Articles

Latest Articles